Memberdayakan Remaja Gereja dalam Pelayanan Sekolah Minggu

Resti Resti

Abstract


Empowering local church youth as sunday school teachers is one manifestation of the church carrying out the duties and calls to teach in preparing the congregation to carry out special services, with the concept of providing teachings about the biblical Christian faith through various stages and involving important components. , namely the involvement of church leaders (pastors and majlis/church elders), the application of appropriate strategies, methods, and media, as well as recruiting the right people according to their potential and talents so that they are ready to become a generation that has an impact on God and his church. This study aims to contribute to increasing understanding and experience for researchers personally and is also expected to be useful as a reference for readers in adding insight. Therefore, in writing this study, the researcher used a descriptive method by including many book sources and sharing the researcher's direct experiences when implementing the empowerment of church youth to become Sunday school teachers.

Abstrak
Memberdayakan remaja Gereja lokal sebagai guru Sekolah Minggu merupakan salah satu wujud dari gereja yang melaksanakan tugas dan panggilan untuk mengajar dalam mempersiapkan jemaat melaksanakan pelayanan-pelayanan khusus, dengan konsep memberikan pengajaran-pengajaran tentang iman kristiani yang alkitabiah melalui berbagai tahapan dan melibatkan komponen-komponen penting, yakni keterlibatan pemimpin gereja (gembala dan majelis/penatua gereja), penerapan strategi, metode, dan media yang tepat, serta merekrut orang yang tepat sesuai dengan potensi dan talentanya hingga mereka siap menjadi generasi yang berdampak bagi Tuhan dan gerejanya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap bertambahnya pengertian dan pengalaman bagi peneliti secara pribadi dan diharapkan bermanfaat pula sebagai referensi bagi pembaca dalam menambah wawasan. Sebab itu dalam penulisan penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan mencantumkan banyak sumber buku maupun jurnal ilmiah yang relevan dan berbagi pengalaman langsung peneliti ketika melaksanakan pemberdayaan remaja gereja menjadi guru sekolah minggu.

Full Text:

PDF

References


Anon. 2017. “Gereja, Berilah Tempat Bagi Pemimpin Muda.” Retrieved (https://remaja.sabda.org/gereja-berilah-tempat-bagi-pemimpin-muda).

Christie, Betsy Edith. 2013. Potensi Besar Dalam Diri Manusia.

Dever, Mark. 2010. Sembilan Tanda Gereja Yang Sehat. Surabaya: Momentum.

Gidion, Gidion. 2017. “Profesionalitas Layanan Gereja.” Shift Key: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 7(2).

Kristiono, Tanto, and Deo Putra Perdana. 2019. “Hambatan Guru Dan Pelayanan Sekolah Minggu Di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1(2):90–100.

Nainggolan, John M. 2009. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Bandung: Bina Media Informasi.

Pirolo, Neal. 1997. Melayani Sebagai Pengutus: Kiat Jitu Mendukung Misionari Profesional. Jakarta: OM Indonesia.

Ritonga, Nova. 2020. “Teologi Sebagai Landasan Bagi Gereja Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 4(1):21–40.

Robin, and Marcia. 1979. Pedoman Pelayanan Remaja Dan Pemuda. Malang: Departemen P.A.P.

Sholla, Elfiance. 2020. “Peran Gereja Dalam Menumbuhkan Pelayanan Remaja Untuk Memajukan Masa Depan Gereja.”

Sidjabat, B. S. 2011. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Tong, Stephen. 1995. Hidup Kristen Yang Berbuah. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia.

Tong, Stephen. 2014. Kerajaan Allah, Gereja, Dan Pelayanan. Surabaya: Momentum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.