Pelayanan Musik, Pujian dan Penyembahan pada Ibadah dan Kontribusinya bagi Pertumbuhan Gereja

Fenada Ziduhu Dakhi

Abstract


Music in church services is so important. Ecclesiastical ministry so requires the presence of music which is a dominant part of praise and worship of God. This is very necessary means of music and human resources for this need. If this is not resolved immediately, the liturgy of worship will be hampered and the enthusiasm of congregation in the liturgy of praise and worship will gradually decline. On the other hand music schools and musical instruments are readily availaible, especially in big cities. The church is very likely to pay attantion to this, so that God’s Congregation, such as young men and women, take part in music and vocal services to meet the needs of the church. The Bible records and gives many examples of the use of vocal music and musical instrument used and combined in both praise and worship of God. The author conducted general analyses of the influence of church growth by music, praise and worship. It is a contribution that brings great victory on the part of the Believers. The spiritual value contained in praise and worship is obedience to carrying out God,s Commands. This research was conducted with a analysis-descriptive method that seeks to examine the importance of the existence of music, both vocal and instrumental, or a combination of both at once in worship.

Abstrak
Musik dalam acara peribadatan gereja begitu penting. Pelayanan gerejawi begitu membutuhkan kehadiran musik yang adalah bagian yang mendominasi dalam pujian dan penyembahan kepada Allah. Hal ini sangat diperlukannya sarana musik dan sumber daya manusia untuk kebutuhan ini. Jika hal ini tidak segera teratasi maka liturgi ibadah menjadi terkendala dan gairah jemaat dalam liturgi pujian dan penyembahan lambat laun akan menurun. Disisi lain sekolah musik dan alat musik sudah tersedia, terutama di kota kota besar. Gereja sangat berpeluang memberi perhatian kepada hal ini agar jemaat Tuhan, seperti pemuda dan pemudi mengambil bagian dalam pelayanan musik dan vokal untuk memenuhi kebutuhan gereja. Alkitab mencatat dan memberikan banyak contoh penggunaan musik vocal dan alat musik yang dipakai dan dipadu keduanya dalam memuji dan menyembah Tuhan. Penulis melakukan analisis secara umum terhadap pengaruh pertumbuhan gereja oleh musik, pujian dan penyembahan. Hal ini sebagai kontribusi yang mendatangkan kemenangan besar di pihak orang beriman. Nilai nilai rohani yang terkandung di dalam pujian dan penyembahan ini adalah ketaatan melakukan perintah Allah. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis-deskriptif yang berusaha mencermati akan pentingnya keberadaan musik baik vocal maupun intrumen atau penggabungan keduanya sekaligus dalam ibadah.

Full Text:

PDF

References


Ali, Lukman, ed. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2nd ed. Jakarta: Balai Pustaka.

Ariawan, Sandy. 2018. “Pengaruh Apresiasi Gereja Berbentuk Materi Dan Non Materi Terhadap Kualitas Pelayanan Musik Gereja Di Kota Yogyakarta.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1(1):8–19.

Best, H. .., and D. Huttar. 1978. “Music, Musical Instrument.” in The Zondervan Pictorial Encyclopedi of the Bible, edited by M. C. Tenney. Michigan: Grand Rapids Eerdmans.

Boshman, Lamar. 2001. Musik Bangkit Kembali. Jakarta: Pekabaran Injil Imanuel.

Douglas, J. D. 1995. Ensiklopedi Alkitab Masa Kini. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Sianturi, Elisabeth. 2020. “KUALIFIKASI PEMAIN MUSIK BERDASARKAN 1TAWARIK 15: 1-29 DAN APLIKASINYA DALAM GEREJA MASA KINI.” PROVIDENSI: Jurnal Pendidikan Dan Teologi 3(1):41–51.

Sitompul, Putra Hendra S. 2020. “Musik Dalam Dinamika Pujian Penyembahan.” PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan 10(2):176–99.

Warren, Rick. 2002. The Purpose Driven Life. Malang: Gandum Mas.

Wibowo, Markus. 2020. “Peranan Musik Gereja Dalam Pembentukan Karakter Jemaat Dan Pembawa Misi Gereja Di Gereja Bethany Indonesia Menara Doa Melonguane.” JURNAL PSALMOZ 1(2):1–14.

Wijayanto, Bayu. 2015. “Strategi Musikal Dalam Ritual Pujian Dan Penyembahan Gereja Kristen Kharismatik.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts) 16(3):125–40.

Wijoyo, Kesowo. 2014. “Analisis Bentuk Dan Fungsi Musik Pujian Dan Penyembahan Dalam Ibadah Minggu Di GBI Gajah Mada Semarang.” Jurnal Seni Musik 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.