Membangun Sikap Toleransi dalam Bingkai Pendidikan Kristiani bagi Anak Usia Dini dalam Keluarga

Sugijanti Supit

Abstract


This study aims to examine a task to maintain harmonious cooperation between religions that arises from the many acts of intolerance that lead to a culture of arbitrariness, rebellion, chaos, and radicalism among the Indonesian people. The solution is to teach young children to be tolerant of their families. This study examines how Christian families help grow and build tolerance values in young children. The methodology used is a qualitative descriptive approach. The data obtained comes from a review of the selected bibliography and some analysis of research findings related to the urgency of the value of tolerance as a Christian religious education lesson in the family for early childhood.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji suatu tugas untuk menjaga kerjasama yang harmonis diantara agama-agama yang timbul dari banyaknya tindakan intoleran yang mengarah pada budaya kesewenang-wenangan, pemberontakan, kekacauan dan radikal di kalangan bangsa Indonesia. Solusinya adalah dengan mengajarkan anak usia dini untuk menjadi toleran dalam keluarga mereka. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana keluarga kristiani membantu menumbuhkan dan membangun nilai toleransi pada anak usia dini. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif.  Data-data yang didapat bersumber dari kajian daftar pustaka yang sudah diseleksi dan beberapa analisa dari temuan-temuan penelitian terkait urgensi nilai toleransi sebagai pembelajaran Pendidikan agama Kristen dalam keluarga bagi anak usia dini.


Keywords


Early childhood; Christian family; Christian education; tolerance value; tolerance attitude

Full Text:

PDF

References


Amin, Munandzirul. “Merebaknya Intoleransi (Hate Speech Dan Hate Crime) Dalam Politik

Indonesia.” Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan 12, no. 1 (2020): 87–99.

Arifianto, Yonatan Alex, and Kalis Stevanus. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Dan Implikasinya Bagi Misi Kristen.” HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2020): 39–51.

B, Tye Karen. Basic Of Christian Education. Danvers, MA: Chalice Press, n.d.

Borba, Michele. Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,

BPS, G.M.I.M. Bertumbuh Dalam Kristus (Katekisasi Untuk Keluarga. Tomohon: GMIM, n.d.

Ghazali, Adeng Muchtar. “Toleransi Beragama Dan Kerukunan Dalam Perspektif Islam.”

Religious: Jurnal Agama dan Lintas Budaya (2016).

Gulo, Reniwati, and Hendi Hendi. “Konsep Belas Kasihan Menurut Injil Matius 18: 23-35.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 195-213.

Haris, Muawir. “Agama Dan Keberagaman: Sebuah Klarifikasi Untuk Empati.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 9, no. 2 (2017): 523–544.

Herdiansah, Ari Ganjar, Junaidi, and Heni Ismiati. “Sentimen Politik-Agama Dan Dinamika Keamanan Nasional Di Indonesia Pasca 2014.” Jurnal Wacana Politik 2, no. 1 (June 14, 2017). http://jurnal.unpad.ac.id/wacanapolitik/article/view/11480.

Kristiyanto, Eddy. Multikulturalisme: Kekayaan Dan Tantangannya Di Indonesia. Obor

Mitra Indonesia, 2014.

Lapanda, Sera, Ari Sofia, and Rizky Drupadi. “Hubungan Empati Dengan Perilaku Prososial Anak Usia Dini.” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2022): 1–7.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.

Jakarta: Bumi Aksara, n.d.

Nasrullah, A. Agama Dan Konflik Sosial Studi Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme

Dan Konflik Antar Umat Beragama. CV Pustaka Setia, n.d.

Novalina, Martina, Grant Nixon, Erastus Sabdono, Sonny Eli Zaluchu, and Eliza Christabella Phuanerys. “Nostra Aetate: Sebuah Alternatif Menuju Keharmonisan Di Tengah Suburnya Intoleransi Dan Diskriminasi.” KURIOS 7, no. 2 (October 7,

. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/340.

Nurihsan, Achmad Juntika. Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling (Edisi Revisi.

Bandung: PT. Refika Aditama, n.d.

Oktiningrum, Aldib Selgi. “Hubungan Antara Empati Dengan Kecenderungan Relational Bullying Pada Peserta Didik Kelas XI Dan XII Di SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021” (2021). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/886186 2021.

Phang, Benny. “Tergeraklah Hatinya Oleh Belas Kasihan Belajar Dari Perumpamaan Orang Samaria Yang Murah Hati (Luk 10:25-37) Dalam Mengasihi Embrio Manusia Sebagai Sesama.” Studia Philosophica et Theologica 19, no. 1 (December 11, 2019): 57–79. http://ejournal.stftws.ac.id/index.php/spet/article/view/87.

Pupu, Saeful. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, n.d.

Sapdi, Rohmat Mulyana. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sapriya. Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, n.d.

Sihombing, Riana Udurman, and Rahel Rati Sarungallo. “Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso 4, no. 1 (2019): 34–41.

Surya, Moh. Psikologi Pendidikan. Bandung: IKIP, n.d.

Tillman, Diane, and Myrna Belgrave. “Pendidikan Nilai Untuk Kaum Dewasa-Muda.” Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana, 2004.

Virgiana, Andhini, and Wasitohadi Wasitohadi. “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sdn 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015.” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6, no. 2 (2016): 100.

Wicaksana, Abibawa. “Qilin: Toleransi Keberagaman Sebagai Ide Penciptaan Karya

Keramik Seni.” DESKOVI: Art and Design Journal 3, no. 2 (2020): 134–140.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v2i2.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

               

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).