Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, merupakan wadah publikasi hasil penelitian Teologi dan Pendidikan Kristen, dengan nomor International Serial Standar Number - ISSN: 2721-432x (elektronik), 2721-6020 (cetak). Jurnal Immanuel diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara. Adapun Focus dan Scope penelitian Jurnal Immanuel, sebagai berikut:
- Teologi Biblika
- Teologi Sistematika
- Teologi Praktika
- Pendidikan Agama Kristen
Jurnal Immanuel, menerima artikel dari dosen, praktisi teologi dan cendikiawan Kristen dari segala institusi teologi/keagamaan/dsb yang ada, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Artikel yang telah memenuhi persyaratan akan dinilai kelayakannya oleh reviewer yang ahli di bidangnya melalui proses double blind-review.
Jurnal Immanuel, terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu: April dan Oktober, dan telah diindeks pada:
Jurnal Immanuel, telah TERAKREDITASI Peringkat 4 (SINTA 4) berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan No. SK: 204/E/KPT/2022.

Vol 4, No 1 (2023): APRIL 2023
Table of Contents
Articles
Kristonomi sebagai Hukum yang Hidup: Partisipasi, Ketaatan, dan Kebebasan
Yohannes Ali Sandro Sitorus
|
1-19
|
Christian Religious Education Teacher’s Understanding of Humanist Education: Case Study in Kanaan Jakarta Junior and Senior High School
Christina Metallica Samosir, Noh Ibrahim Boiliu
|
20-31
|
Manajemen Gereja: Upaya Meningkatkan Pelayanan Pastoral melalui Fungsi Manajemen Gereja yang Efektif
Maria Magdalena Manalu, Betty Arli Sonti Pakpahan, Bernard Lubis, Lustani Samosir
|
32-45
|
Perspektif Kristen tentang Sikap dan Perilaku Bapak dalam Membimbing Anak di Era Disrupsi Berdasarkan Surat Efesus 6:4 serta Implikasinya pada Masa Kini
Jannes Eduard Sirait
|
46-68
|
Civic Virtue dalam Pendidikan Kristen guna Memperkuat Etika Digital di Era 4.0
Silvia Rahmelia, Chris Apandie
|
69-86
|
Studi Eksegesis 2 Korintus 11:4 Mengenai “Yesus yang Lain” dan Implikasinya terhadap Pembinaan Iman Jemaat
Robi Prianto, Rusliadi Rusliadi, Yohanes Hasiholan Tampubolon
|
87-105
|
Pengaruh Engagement Learning dan Kecerdasan Emosional terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Injili Abdi Allah
Lidia Susanti, Anna Mahdalena Riung, Yonathan Mujianto
|
106-116
|
Peran Gembala dan Ketahanan Keluarga dalam Menghadapi Permasalahan Zaman: Studi Kasus di GBI Efata New Creation Jakarta
Donny Charles Chandra
|
117-131
|
Implementasi Filsafat Pragmatisme William James dalam Proses Pendidikan Agama Kristen
Go Heeng, Yunardi Kristian Zega, Remegises Danial Yohanis Pandie, Kariaman Gea
|
132-151
|
Pendampingan Pastoral dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) kepada Kelompok Remaja yang Kecanduan Internet
Frisca Sri Wulan Hulu, Jungjungan Simorangkir, May Rauli Simamora
|
152-164
|
Pujian yang Membebaskan atau Membelenggu?: Hermeneutik Feminis terhadap Amsal 31:10-31
Agus Kriswanto, Juliana Sianturi
|
165-179
|
Kajian Hermeneutis tentang Karunia-Karunia Roh dalam Jemaat Korintus
Agus Surya
|
180-191
|
Refleksi Teologis Matius 19:4-6: Meneguhkan Kembali Komitmen Kesatuan Suami Isteri melalui Pengajaran Konseling Pernikahan
Helen Farida Latif
|
192-208
|
Peran Allah Tritunggal dalam Karya Keselamatan: Sebuah Refleksi Teologis Efesus 1:3–14
Muner Daliman
|
209-221
|
Konflik dan Resolusi Konflik Pembangunan Gedung Ibadah Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Lasiana Kota Kupang
Joy Ferdinand Ludji, Rudolf Weindra Sagala, Bartolomeus Diaz Nainggolan
|
222-232
|
Mendidik Anak tanpa Kekerasan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
Martha Anthoneta Talakua
|
233-247
|
Peran Redaktur Anonim dalam Teologi Kitab Obaja
Yusri Lusinda M. Fiah
|
248-264
|
Pendidikan Kristen bagi Anak Terdampak Kekerasan
Adventus Nadapdap, Iky Sumarthina P. Prayitno
|
265-276
|