Meningkatkan Kompetensi Dosen Pendidikan Agama Kristen melalui Pendekatan Learning Community: Sebuah Studi Kualitatif

Ellya Nora Manurung, Andreas Jonathan, Eka Setyaadi

Abstract


This study explains the strategy for improving the competence of teachers in the Christian Religious Education study program at the Pentecostal Theological College of North Sumatra, Aceh Kabanjahe, a capability that must be demonstrated by teachers to achieve satisfactory learning outcomes. Using a qualitative case study method approach, data collection was conducted through observation and in-depth interviews with 10 undergraduate students of Christian Religious Education in semesters 6 and 8. The novelty of this study lies in the focus of the strategy for improving the competence of Christian Religious Education teachers in higher education, a stage that has not been analyzed in previous studies. The research findings indicate that to equip teachers to be competent is career development coaching, professional development coaching, teacher capacity building and teacher ability improvement approaches. The implementation of the strategy from this study as a contribution to teachers is the Teacher Learning Community so that teachers learn together and share experiences to achieve goals.

 

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan strategi meningkatkan kompetensi pengajar pada program studi Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Pantekosta Sumut Aceh Kabanjahe, suatu kemampuan yang harus ditampilkan oleh pengajar untuk mencapai hasil pembelajaran yang memuaskan. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif studi kasus, data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa Prodi  S1 Pendidikan Agama Kristen semester 6 dan 8. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada fokus strategi meningkatkan kompetensi pengajar Pendidikan Agama Kristen di perguruan tinggi, sebuah tahap yang belum dianalisis dalam penelitian sebelumnya. Temuan menunjukkan untuk memperlengkapi tenaga pengajar agar berkompetensi adalah pembinaan pengembangan karier, pembinaan pengembangan profesi, meningkatkan kapasitas pendidik dan pendekatan peningkatan kemampuan pendidik. Penerapan strategi dari penelitian ini sebagai kontribusi bagi para pengajar  adalah Teacher Learning Community agar tenaga pengajar belajar bersama dan saling berbagi pengalaman demi mencapai tujuan.


Keywords


Kompetensi; pengajar; pendidikan agama Kristen; competence; educator; Christian Religious Education; Learning Community

Full Text:

PDF

References


Febriana, Rina. “Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara,” 2019.

Harianto, G P. Teologi PAK, Metode Dan Penerapan Pendidikan Kristen Dalam Alkitab. Penerbit Andi, 2021.

Hariroh, Fiqih Maria Rabiatul, and Erin Soleha. “Analisis Mediasi Kepuasan Mahasiswa Pada Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar.” MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan 2, no. 2 (2022): 201–214.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2019): 36–53. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

———. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

———. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif. Prodi Teologi STT-SU, 2016.

Hura, Rosnila. “PENGARUH KEMAMPUAN DOSEN PRODI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENGOLAH PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PARA PESERTA DIDIK SEMESTER 7 PAK.” GENEVA: 9, no. 2 (2019): 73–88.

Karwono, Ahmad, and Irfan Muzni. “Strategi Pembelajaran Dalam Profesi Keguruan.” Depok: PT RaJa Grafindo Persada (2020).

Miles, Matthew, and Michael Huberman. Qualitative Data Analysis (Terjemahan). Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2005.

Muslich, Masnur. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual, Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah. Bumi Aksara, 2007.

Nasional, Departemen Pendidikan. “Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen.” Jakarta: Depdiknas (2005).

Pardosi, David Marthen, and Dorlan Naibaho. “Kompetensi Profesional Guru Pendidik Agama Kristen Dan Budi Pekerti Sebagai Tugas Profesional.” Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA) 1, no. 2023 (1): 3026–7854.

Rayanto, Yudi Hari, and Dies Nurhayati. Epistemologi Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher), 2022.

Sirait, Jannes Eduard, and M Th Purim Marbun. Guru Profesional, Inspiratif, Dan Menyenangkan. Penerbit Andi, 2022.

Situmorang, Jonar T H. Etika Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Penerbit Andi, 2024.

Wau, Yasaratodo. Profesi Kependidikan. Medan: UNIMED Press, 2023.

Wijaya, Candra. Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru. umsu press, 2024.

Zebua, Frendi Sofyan. “Kompetensi Guru Agama Kristen Untuk Pembelajaran Di Era Digital.” EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2023): 120–132.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i2.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).