Pray, Praise and Worship: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini

Nitani Harita, Hendro Hariyanto Siburian

Abstract


One of the problems found at the level of early childhood education is the undeveloped spiritual intelligence. The undevelopment of spiritual intelligence in class A of TK Harapan Bangsa, characterized by undevelopment  in terms of care, meaning and value, self-control and love. Early childhood is a golden period that requires stimulation and guidance to develop all its potential and spiritual intelligence. Therefore, researchers applied Pray, Praise and Worship activities to develop the spiritual intelligence of students in class A TK Harapan Bangsa. The results of implementing PPW in an effort to develop students' spiritual intelligence are an average of 85% each indicator of spiritual intelligence is well developed. So, it can be concluded that the application of PPW can develop early childhood spiritual intelligence.

 

Abstrak

Permasalahan yang ditemukan pada jenjang pendidikan anak usia dini salah satunya adalah belum berkembangnya kecerdasan spiritual. Belum berkembangnya kecerdasan spiritual di kelas A TK Harapan Bangsa, ditandai dengan belum berkembangnya dalam hal kepedulian, memberi makna dan nilai, pengendalian diri dan kasih. Anak usia dini merupakan masa emas yang membutuhkan stimulasi dan bimbingan untuk mengembangkan semua potensi dan kecerdasan spiritual yang dimilikinya. Oleh karena itu, peneliti menerapkan kegiatan Pray, Praise and Worship (PPW) untuk mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di kelas A TK Harapan Bangsa. Hasil penerapan PPW dalam upaya mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik sebesar rata-rata 85% tiap indikator kecerdasan spiritual berkembang dengan baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan PPW dapat mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini.


Keywords


Early childhood; spiritual intelligence; pray; praise and worship; anak usia dini; kecerdasan spiritual

Full Text:

PDF

References


Amicis. “Tahapan Penting Perkembangan Afektif Anak Usia Dini.” Pregnancy Pedia.

Ansorge, Rick. “Piaget Stages of Development.” WebMD.

Dahlia. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Cetakan ke. Bandung: PT Remaja Rodaskarya, 2017.

Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Dosen Departemen Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan ke. Jakarta: KENCANA, 2016.

Fiah, Rifda El. “Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya.” KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) vol.1 no.2 (2014).

Hadi, Sutrisno. Metodelogi Reseach II. Jakarta: Andi Offset, 1991.

Lexy, Moleong J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rodaskarya, 2006.

Mas’udah, Khoirul. “Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Pada Anak Usia Dini.” Al-Athfal vol.1 no.1 (2021).

Nofianti, Rita. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan ke. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER, 2021.

Permatasari, Dewiana, Euis Eti Rohaeti, and Sharina Munggaraning Westhisi. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B.” Jurnal Ceria vol.2 no.6 (2019).

R, Maman, and Rochmand. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2010.

Siburian, Hendro Hariyanto, and Julia Galung. “Peningkatan Minat Belajar Anak Usia Dini Menggunakan Alat Peraga Gambar.” Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 1–16.

Sieloff, Magnan Sally, and John W. Creswell. ““Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches".” The Modern Language Journal 81, no. 2 (2006): 256.

Subagyo, Andreas. B. Pengantar Riset Kuantitatif Dan Kualitatif. Cet. ke-1. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dari Praktik Pembelajaran. Cetakan ke. Jakarta: KENCANA, 2021.

Syafri, Fatrica. “Metode Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.” NUANSA 9, no. 1 (2016): 1–15.

Yufiarti, and Titi Chandrawati. Profesionalitas Guru PAUD. Cetakan ke. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012.

“Permendikbud Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini” (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v3i2.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

               

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).