Kode Etik dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter Anak
Abstract
This paper describes the role of the ethical code and professionality of Christian religious education teachers on the character of children. The importance of the role of the code of ethics and the teacher professionality is to provide good examples and play a role in instilling positive character values for children's character. In addition, teachers do not only transfer knowledge to children but also teach Christian values, namely the cultivation of the living character of the person of Jesus Christ. Using descriptive qualitative methods, it can be concluded that to educate and shape children to the true values of life and to encourage and direct students to good character, teachers who are professional and have characters that meet the standards and teachers who have the potential and creativity in empowering the learning process are needed. teaching is an ethical and professional teacher.
Abstrak
Tulisan ini mendeskripsikan tentang peran kode etik dan profesionalitas guru pendidikan agama Kristen terhadap karakter anak. Pentingnya peran kode etik dan profesionalitas guru pendidikan agama Kristen adalah untuk memberikan keteladanan yang baik serta berperan untuk memberikan penanaman nilai-nilai karakter yang positif kepada karakter anak. Seorang guru harus memahami bahwa tugas dalam profesinya bukan hanya untuk sekedar mentransfer ilmu pengatahuan semata kepada anak tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kekristenan yaitu penanaman kebiasaan atau tabiat hidup dari pribadi Tuhan Yesus. Mengunakan metode kualitatif deskriptif dapat disimpulkan bahwa untuk mendidik serta membentuk anak kepada nilai-nilai hidup yang benar dan mendorong serta mengarahkan anak didik kepada karakter yang baik dibutuhkan guru yang profesional dan memiliki karakter yang memenuhi standar serta guru yang memiliki potensi dan kreatifitas dalam memberdayakan proses belajar mengajar yaitu guru yang beretika dan profesional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprita, Serlika. Etika Profesi Hukum. Palembang, 2019.
Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (June 2021): 45–59.
Dalyono, Bambang, and Dwi Ampuni Agustina. “Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu.” Polines 2 (2016): 13–22.
Darmadi, Hamid. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Jurnal Edukasi 13, no. 2 (2015): 161–174.
Drajat, Manpan, and Ridwan Effendi. Etika Guru Sebagai Pendidikan Yang Mendasar Bagi Siswa. Edited by Heri Gunawan. Bandung: ALFABETA, cv, 2014.
Ester, Berlian Haan, and Alex Arifianto Yonatan. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa Kini.” Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2022): 15–26.
Hartono, Rudi. Ragam Model Mengajar Mudah Diterima Murid. Edited by Abdul Azid. jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI), 2013.
Hermawansyah. “Etika Guru Sebagai Pendidikan Yang Mendasar Bagi Siswa” 10, no. 2 (2019): 20.
Hidayat, Rahmat, and Abdillah. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Edited by Lembaga peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI). Candra Wij. Medan, 2019.
Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edited by Ridwan Max Sijabat. Kelima. jakarta: Erlangga, 1980.
Karlina, Lilis. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja.” Edukasi Nonformal (2020): 147–158.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2017.
Marjuki, Suparman. Tragedi Politik Hukum HAM. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2011.
Marjuni. “Peran Dan Fungsi Kode Etik Kepribadian Guru Dalam Mengembangkan Pendidikan” 1, no. 1 (2020): 1–8.
Mbeo, Ella Tesalonika, and Andreas Bayu Krisdiantoro. “Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2021): : 17-29.
Mufidah, Luk Luk Nur. “Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak.” Perempuan dan anak 1, no. 2 (2017): 246–260.
Nurjan, Syarifan. Profesi Keguruan Konsep Dan Aplikasi. Edited by Hamam Al-Fajari. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2015.
Nurkholis. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi.” Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (2013): 24–44.
Prihanto, Joko, Duma Fitri Pakpahan, and Doni Pranata Tarigan. “Peran Kode Etik Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3, no. 3 (2022): 157–163.
Ramadan, Fariz, Husnul Awalia, Mellani Wulandari, R.Aditia, Nofriyadi, Sukatin, and Amrizal. “Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak” (n.d.): 70–81.
Ratag, Andre Rendy. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (n.d.): 95–106.
RI, SEKRETARIAT JENDRAL MPR. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. jakarta, 2020.
Rusydie, Salman. Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta. jogjakarta: DIVA Press, 2012.
Saragih, A Hasan. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa 5, no. 1 (2008): 23–34.
Sholeh, Hidayat. Pengembangan Guru Profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Sidiq, Umar. Etika Dan Profesi Keguruan. Edited by Afiful Ikhwan. Jawa Timur: STAI Muhammadiyah Tulungagung, 2018.
Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter (2011).
Suharsaputra, Uhar. Menjadi Guru Berkarakter. Edited by Nurul falah Atif. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.
Suradi, Suradi. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah.” riset dan Konseptual 2, no. 4 (2017): 1–554.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2018).
Untari, Sri. Kolaborasi Tri Pusat Pendidikan Dalam Penataan Budaya Sekolah Berbasis Pembudayaan Nilai Pancasila Untuk Membangun Siswa Berkarakter. a CV. AE MEDIA GRAFIKA, 2020.
Widagti, Sianny, and Yusak Ndun. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Teologi Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 20–31.
Widharyanto, B. Pengembangan Profesionalisme Guru Seri Pelatihan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Edited by B. Widharyanto. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2013.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v3i2.132
DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v3i2.132.g144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).