Civic Virtue dalam Pendidikan Kristen guna Memperkuat Etika Digital di Era 4.0

Silvia Rahmelia, Chris Apandie

Abstract


Along with changes in citizens’ socio-cultural order due to disruption era in industrial revolution 4.0, civic virtue as a part of citizens’ character internalization needs to be strengthened in order to established digital ethics in the 4.0 era. It could be implemented through citizenship education in Higher Education, but also deemed necessary in Christian education through general way so that citizens well to continue to prioritize civic virtues/ethical responses as Christians. The purpose of internalizing civic virtue in Christian education to established digital ethics in the 4.0 era will discuss the following propositions civic virtue in the digital era (internet of things) and civic virtue in Christian education. This study uses library research. It is hoped that this thought construction could strengthen Indonesian citizens’ mindset on the praxis by the virtues from God. Thus, citizens can be consistent in implementing the principles of reason and values when dealing with all the challenges resulting from the sophistication of industrial technology 4.0.

 

Abstrak

Seiring dengan berubahnya tatanan sosial budaya warga negara akibat disrupsi di era revolusi industri 4.0, civic virtue sebagai bagian dari internalisasi karakter warga negara perlu diperkuat dalam penerapan etika digital di era 4.0. Penguatan dapat dilakukan tidak hanya melalui pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, namun juga dipandang perlu dalam pendidikan Kristen secara umum sehingga warga negara dapat tetap mengedepankan adab-adab kewarganegaraan sebagai umat Kristiani. Tujuan internalisasi civic virtue dalam pendidikan Kristen guna memperkuat penerapan etika digital di era 4.0 akan membahas proposisi civic virtue di era digital (internet of things) dan adab kewarganegaraan (civic virtue) dalam pendidikan Kristen. Kajian ini menggunakan studi kepustakaan. Diharapkan konstruksi pemikiran ini dapat memperkuat pola pikir warga negara Indonesia pada praksis nilai-nilai kebajikan yang berasal dari Tuhan. Dengan demikian, warga negara dapat konsisten dalam mengimplementasikan prinsip nalar dan nilai ketika berhadapan dengan segala tantangan yang dihasilkan dari kecanggihan teknologi industri 4.0.


Keywords


Pendidikan Kristen; adab kewarganegaraan; revolusi industri 4.0; era digital; Christian education; civic virtue; industrial revolution 4.0; digital era

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Ayub Budhi, and Aritya Gusmala Sari. “Etika Peserta Didik Dalam Cyber System: Sebuah Tinjauan Etis Alkitabiah Pada Pembelajaran Era Pendidikan 4.0.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 3, no. 1 (2021): 34–46.

Apandie, Chris, and Karolina. “Warga Negara Di Masa Pandemi: Perspektif Civic Virtue (Pengabdian Kepada Masyarakat Di Komunitas Pelayanan Gbi Anugerah Kota Palangka Raya).” Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat 3, no. 1 (2021): 221–233.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/84.

Aziz, Abdul, Halimatus Sa’diyyah, Abu Hasan Mubarok, Kukuh Wibowo, Adistia Octaliadi, Kania Soraya, Karkus Mehan, and Suryo Dwi Pranoto. “Agama Dan Solidaritas Sosial Di Era Industri 4.0 Dan Masyarakat 5.0.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan 16, no. 2 (2022): 295–314.

Bastin, Nahason. “Pendidikan Kristen Dan Revolusi Industri 4.0.” Nahason Books/Nahason Literature. Last modified 2022. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=T2ZYEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&ots=whNq47zE6J&sig=jaguGbrRN_FBp_DYcoWxrw5VaUg&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Chuah, S.-H., Hoffmann, R., Jones, M., & Williams, G. “An Economic Anatomy of Culture: Attitudes and Behaviour in Inter- and Intra-National Ultimatum Game Experiments.” Journal of Economic Psychology 30, no. 1 (2009): 732–744.

Dagger, R. Rights, Citizenship, and Republican Liberalism. New York: Oxford University Press, 1997.

Digdoyo, Eko. “Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, Dan Tanggung Jawab Sosial Media. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 3, no. 1 (2018).

Faridah, Siti. “Kebebasan Beragama Dan Ranah Toleransi.” Lex Scientia 2, no. 2 (2018).

Frianto, Yonatan Alex. “Peran Gembala Menanamkan Nilai Kerukunan Dalam Masyarakat Majemuk.” Voice Of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 1–3.

Hurton, David. The Portable Seminary. Michigan: Baker Publishing Group, 2018.

Lusiana dan M. Suryani. “Metode SLR Untuk Mengidentifikasi Isu-Isu Dalam Software Engineering.” Sains dan Teknologi Informasi 3, no. 1 (2014).

Miles, Matthew, and Michael Huberman. Qualitative Data Analysis (Terjemahan). Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2005.

Mongoven, A. Just Love: Transforming Civic Virtue. Bloomington: Indiana University Press, 2009.

Nazmudin. “Kerukunan Dan Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).” Journal of Government and Civil Society 1, no. 1 (2017): 23–39.

Nisvlyah dan Lely. “TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DALAM MEMPERKOKOH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA (STUDI KASUS UMAT ISLAM DAN KRISTEN DUSUN SEGARAN KECAMATAN DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO).” Pendidikan Kewarganegaraan 2, no. 1 (2013): http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendi.

Nurdiyanti, Aina, and Karim Suryadi. “Digital Philantrophy in Indonesia: Strengthening Civic Virtue for Digital Citizens.” In Advance in Sosial Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 139–143. Yogyakarta: Atlantis Press, 2019.

Pratt, W. F. “Whither Civic Virtue.” Notre Dame Journal of Law, Ethic and Public Policy 4, no. 1 (2012): 1–7.

Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. “Etika Kristen Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Siswa Di Era Digital [Christian Ethics in Teaching Character and Moral for Students in the Digital Era].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 3, no. 1 (2021): 46.

Schwab, Klaus. The Fourth Industrial Revolution. Germany: World Economic Forum, 2017. https://www.google.co.id/books/edition/Revolusi_Industri_Keempat/HWKhDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=klaus+schwab&printsec=frontcover.

Setiadi, Ahmad. “Pelanggaran Etika Pendidikan Pada Sistem Pembelajaran E-Learning.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 15, no. 1 (2015).

Siburian, Hendro Hariyanto, and Arif Wicaksono. “Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama Dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini” 2, no. 2 (2019): 207–226.

Stevanus, Kalis, and Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.” Jurnal Teologi 10, no. 1 (2020): 49–66.

Sunarso. “Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan Dari Rezim Ke Rezim.” Jurnal Humanika 9, no. 1 (2019): 67–80.

Tarigan, Musa Sinar. “Pentingnya Kebenaran Allah Sebagai Landasan Pendidikan Kristen [the Significance of God’S Truth As the Foundation of Christian Education].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 3, no. 1 (2019): 80.

Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Guru Kelas.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/12.

Tjandrawina, R. “Industry 4.0: Industrial Revolution of The Century and Its Influence on Health and Biotechnology.” Medicine 29, no. 1 (2016).

Togatorop, Kavolder. “Realisasi Profesionalisme Guru PAK Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Usia 4-6 Tahun 2017.” Jurnal Handayani 8, no. 1 (2017): 85.

Winataputra, Udin Saputra. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi Dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press, 2012.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v4i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

               

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).