Implementasi Filsafat Pragmatisme William James dalam Proses Pendidikan Agama Kristen
Abstract
The purpose of writing this article is to discuss William James's philosophy of pragmatism and its implementation in the process of Christian religious education. This paper refers to the framework of William James's philosophical theory and its urgency for education, specifically Christian religious education. James emphasizes the importance of the practical application of ideas and concepts, and that the value of an idea can be measured by its practical consequences in action. James also emphasized the importance of experience in the learning process, and that experience should be used as a starting point in achieving a deeper understanding. By using the literature study method, researchers found that William James' theory can be implemented in the process of Christian religious education because it provides learning experiences through values that are democratic, social and changes in learning patterns through learning methods, the role of the teacher, the role of students and the contextual curriculum.
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas filsafat pragmatisme William James dan implementasinya dalam proses pendidikan agama Kristen. Tulisan ini mengacu pada kerangka teori filsafat William James dan urgensinya bagi pendidikan, secara khusus pendidikan agama Kristen. James menekankan pentingnya aplikasi praktis dari gagasan dan konsep, dan bahwa nilai dari sebuah gagasan dapat diukur oleh konsekuensi praktiknya dalam tindakan. James juga menekankan pentingnya pengalaman dalam proses pembelajaran, dan bahwa pengalaman harus dijadikan sebagai titik awal dalam mencapai pemahaman yang lebih dalam. Dengan menggunakan metode studi pustaka, peneliti menemukan bahwa teori William James dapat di implementasikan dalam proses pendidikan agama Kristen karena memberikan pengalaman belajar melalui nilai-nilai yang bersifat demokratis, sosial dan perubahan pola belajar melalui metode belajar, peran guru, peran siswa serta kurikulum kontekstual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, Anastasia Jessica. Menelusuri Pragmatisme. Yogyakarta: Kanisius, 2015.
Amka, H. Filsafat Pendidikan. Banjarmasin: Nizamia Learning Center, 2019.
Apiek Gandamana. “Peranan Filsafat Dalam Mengatasi Problem Pendidikan Seumur Hidup.” Jurnal Guru Kita Vol. 6, no. 1 (December 2012): 52–56.
Astuti, Efi Tri. “Filsafat Ilmu Pengetahuan Sebagai Arah Pengembangan Berpikir Yang Konstruktif: Telaah Pemikiran Pragmatis Charles S. Peirce Dan Kontribusinya Dalam Pembelajaran Sains Pendidikan Dasar Islam.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 9, no. 1 (January 2020): 1–16.
Boiliu, Noh Ibrahim. Filsafat Pendidikan Kristen. Jakarta: UKI Press, 2017.
Cholid, Nur. “Kontribusi Filsafat Pragmatisme Terhadap Pendidikan.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 4, no. 1 (February 2018): 51–66.
Darmawan Harefa & Tatema Telaumbanua. Belajar Berpikir Dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2020.
Galbani Fadilah. “Antara Mimpi Dan Validasi: Analisis Pengalaman Keagamaan Syekh Sholahuddin Fakhry Perspektif William James.” Jurnal Perspektif 5, no. 1 (June 2021): 99–111.
Hasbullah, Hasbullah. “Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (March 2020).
Hasugian, Johanes Waldes. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.
Hasugian, Johanes Waldes, Agusthina Christina Kakiay, Febby Nancy Patty, and Novita Loma Sahertian. “Kompetensi Sosial Guru PAK Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Implikasinya Bagi Perkembangan Karakter Peserta Didik.” JURNAL TERUNA BHAKTI 5, no. 1 (2022): 107–115.
Hasugian, Johanes Waldes, Agusthina Christina Kakiay, Novita Loma Sahertian, and Febby Nancy Patty. “Panggilan Untuk Merekonstruksi Strategi Pendidikan Agama Kristen Yang Kontekstual Dan Inovatif.” Jurnal Shanan 6, no. 1 (2022): 45–70.
Joko Temon Boimin. “Kontribusi Puja Bakti Reboan Dalam Mempererat Umat Buddha Di Vihara Dharma Tunggal.” Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan 7, no. 2 (December 2021): 117–123.
Lubis, Arjuna Hiqmah. “Pragmatisme Charles S. Peirce Dan Implikasinya Pada Penentuan Awal Waktu Salat Dan Pelaksanaannya.” Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan 5, no. 1 (June 2019): 14–35.
Maslakhah, Siti. “Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme Dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif.” Diksi 27, no. 2 (December 2019): 159–167.
Masnun. “Prinsip-Prinsip Dasar Dalam Belajar Dan Filosofinya Telaah Kritis Terhadap Kitab €œAl-Fikr at-Tarbawy Al-Muqaran. Karya Wajihah Tsabit Al-€˜Any.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (November 2017): 63–87.
Meli Febriani. “IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi).” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol. 7, no. 1 (January 2020): 61–66.
Muhammad Kristiawan. Filsafat Pendidikan; Th e Choice Is Yours. Jogjakarta: Valia Pustaka, 2016.
Murniati Istiqomah, Fadllul Anisa Zahru, and Nur Wakhidah Fadhilaturrahmah. “Implikasi Aliran Pragmatisme Dalam Pendidikan.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 16, no. 2 (December 2022): 122–126.
Noor, Fadlan A.M. Surat Dari Yunani. Gowa: Jariah Publishing, 2019.
Pandie, Remegises Danial Yohanis, Yunardi Kristian Zega, Desetina Harefa, Stefanus Meo Nekin, Rini Sumanti Sapalakkai, and Selvyen Sophia. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 1 (March 2022): 15–29.
Priyanto, Dwi. “Implikasi Aliran Filsafat Pragmatisme Terhadap Praksis Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 1, no. 2 (2017): 177–191.
Ramses Simanjuntak, Bakhoh Jatmiko, Hadi Siswoyo, Anthoneta Ratu Pa, and & Albert Yusuf Langke. “Akomodasi Filsafat Pragmatisme Dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran Di Era Digital | Simanjuntak | Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen.” Angelion : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 2, no. 2 (December 2021): 165–181.
Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 1–11. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/56.
Thoha, H. Agus. Buku Ajar Filsafat. Jawa Timur: IKAPI, 2019.
Topan, Mohamad. “Pragmatisme Dalam Pendidikan Di Indonesia: Kritik Dan Relevansinya.” Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya 1, no. 1 (June 2021): 16–26.
Ulya, Nur Maziyah. “Studi Islam Dengan Pendekatan Psikologis.” Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 8, no. 1 (March 2022): 237–251.
Waal, Cornelis de. Introducing Pragmatism A Tool for Rethinking Philosophy. New York: Routledge, 2022.
Wiranata, Rz. Ricky Satria, Maragustam Maragustam, and M. Sayyidul Abrori. “Filsafat Pragmatisme: Meninjau Ulang Inovasi Pendidikan Islam.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (June 2021): 110–133.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v4i1.155
DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v4i1.155.g188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).