Perspektif Kristen tentang Sikap dan Perilaku Bapak dalam Membimbing Anak di Era Disrupsi Berdasarkan Surat Efesus 6:4 serta Implikasinya pada Masa Kini
Abstract
The purpose of this study is to explain the attitudes and behavior of fathers in guiding their children according to Ephesians 6:4. The main problem of this research is that many fathers in Christian families do not yet have attitudes and behaviors that are inconsistent with Bible principles in guiding children. The failure of the father in guiding the child has a negative impact on the development of morals, temperament and character. The research methodology used is descriptive analysis. Research data comes from various literature relevant to the research topic. The final findings of the research include theological patterns and perspectives that are useful for parents in mentoring. The conclusion of the research, namely: there are a number of attitude and behavior skills that must be possessed by fathers in guiding their children. Fathers must act and behave correctly in front of their children and become true idols. Therefore, gentlemen need to continuously improve their soft skills in order to become reliable mentors.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan sikap dan perilaku bapak dalam membimbing anaknya menurut Efesus 6:4. Masalah utama penelitian ini bahwa bapak-bapak keluarga Kristen banyak yang belum memiliki sikap dan perilaku yang tidak sesuai dengan prinsip Alkitab dalam membimbing anak. Kegagalan bapak dalam membimbing anak berdampak buruk bagi perkembangan moral, perangai dan karakter. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis diskriptif. Data penelitian bersumber dari berbagai literatur yang relevan dengan topic penelitian. Temuan akhir penelitian mencakup pola teologis dan perspektif yang bermanfaat bagi orang tua dalam pembimbingan. Kesimpulan penelitian, yaitu: terdapat sejumlah keterampilan sikap dan perilaku yang harus dimiliki bapak-bapak dalam membimbing anak-anaknya. Bapak-bapak harus bersikap dan berperilaku benar di hadapan anak-anaknya serta menjadi idola sejati. Oleh karena itu, bapak-bapak perlu meningkatkan soft skill secara kontinu agar dapat menjadi pembimbing yang handal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abineno, J.L. C.H. Tafsiran Surat Efesus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2020.
Ambarita, Jenri, Ester Yuniati, and Ica Purnamasari. “Problematika Orang Tua Dalam Menjalankan Perannya Sebagai Guru Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2021): 1819–1833.
Aziza, Farida Nur, and Muhammad Yunus. “Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From HAziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada MasaStudy From Home Selama Pandemi Covid 19. Konferensi Nasional Pendidikan, 19–21.Ome Selama Pandemi Covid 19.” Konferensi Nasional Pendidikan (2020): 19–21.
Bangsawan, Indra, Ridwan Ridwan, and Yulia Oktarina. “Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini Dalam Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Efendy.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 4, no. 2 (2021): 235–244.
Betty Credo G, Engelbertus Nggalu Bali. “Peran Ayah Dalam Mendampingi Anak Selama Masa Belajar Dari Rumah (BDR) Covid-19.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 4, no. 1 (2022): 12.
Chandra, Robby I. Pendidikan Menuju Manusia Mandiri. Bandung: Generasi Info Media, 2020.
Christine, Canny, Karnawati Karnawati, and Debora Nugrahenny C. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Generasi Alfa Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 2 (2021): 235–250.
Diana, Ruat. “Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 27–39.
Drane, John. Memahami Perjanjian Baru: Pengantar Historis – Teologis. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.
Duyverman, M.E. Pembimbing Ke Dalam Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Elia, Heman. “Peran Ayah Dalam Mendidik Anak.” VERITAS 1/ 1, no. April (2000): 105–113.
Endah Puspita Sari, Indraswari Kartika. “Hubungan Antara Keberfungsian Keluarga Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja.” BMC Public Health 5, no. 1 (2017): 1–8.
Fadilah, Ratna, and Erfahmi Erfahmi. “Ayah Dalam Seni Lukis Realis Kontemporer.” Serupa The Journal of Art Education 10, no. 4 (2021): 361.
Fatmawati, Nur, and Ahmad Sholikin. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial.” Madani: jurnal politik dan sosial kemasyarakatan 11, no. 2 (2019): 119–138.
Jailani, M. Syahran. “Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2014): 245–260.
Joseph, Priscillia Diane Joy, and Fredik Melkias Boiliu. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 2037–2045.
Martin, Ralfh. “Tafsiran Alkitab Masa Kini 3 Matius - Wahyu.” Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2020.
Mila Karmila, Ghatarina Umi M. “Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga.” TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2020): 53.
Moulton, K. Harold. Leksikon Alanalitis Bahasa Yunani Yang Direvisi. Yogyakarta: Randa’s Family Press, 2009.
Mubiar Agustin, Yeni Rachmawati, Dinda Fajar Ramadhanti. “EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini.” Edukids 18, no. 229 (2021): 1–6.
Muhidin, Maman Abdurrahman dan Sambas Ali. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Nggebu, Sostenis, and Yusnoveri Chung. “Ayah Teladan Sebagai Peletak Dasar Iman Anak.” Manna Rafflesia 8, no. 2 (2022): 616–641.
Novan Ardy Wiyani. “Epistemologi Pendidikan Anak Bagi Ayah Menurut Luqman.” Yinyang : Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak 14, no. 2 (2019): 175–200.
Pena, Tim Prima. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gitamedia Press, 2020.
Purba, Asmat, and Alon Mandimpu Nainggolan. “Pola Asuh Orang Tua Kristen Terhadap Anak Dalam Menghadapi Tantangan Kemajuan Zaman.” Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 2, no. 1 (2021): 1–18.
Putri, Raissa Dwifandra, Yaumul Rahmi, and Ikhwanul Ihsan Armalid. “Dampak Ketiadaan Figur Ayah Pada Gender Role Development Seorang Anak” 2, no. 6 (2022): 447–456.
Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2010.
Rahayu, Puji. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 2, no. 1 (2019): 47.
Ruli, Efrianus. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.” Jurnal Edukasi Nonformal vol.1, no. No.1 (2020): hlm.145.
Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 1–11. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/56.
Sibarani, Yosua. “Peran Orang Tua Dalam Mewariskan Iman Bagi Pembinaan Rohani Anak Remaja Menurut 2 Timotius 1:5 Dalam Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 3, no. 1 (2021): 14–33.
Sutanto, Hasan. Hermeneutik: Prinsip Dan Metode Penafsiran Alkitab. Malang: SAAT Malang, 2020.
———. Perjanjian Baru Interlinier Yunani - Indonesia Dan Konkordansi Perjanajian Baru (PBIK). Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2003.
Syifa, Layyinatus, Eka Sari Setianingsih, and Joko Sulianto. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (2019): 538.
Taopan, Yana F., Mintje Ratoe Oedjoe, and Andy Nabu Sogen. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja Di SMA Negeri 3 Kota Kupang.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 5, no. 1 (2019): 61.
Tenney, Merrill C. Survey Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2000.
Tung, Yao Khoe. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
Willis, Wesley R. Ephesians. England: Victor Books, 2000.
Yoan Yolanda Olivia, Joko Prihanto. “Pengaruh Peran Ayah Terhadap Pembentukan Karakter Remaja” (n.d.): 1–13.
Yulia Singgih D, Gunarsa. Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.
Zodhiates, Spiros. The Complete Word Study Dictionary New Tesament. Lowa: World Bible Publishers, 1992.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v4i1.168
DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v4i1.168.g183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).