Mendidik Anak tanpa Kekerasan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Martha Anthoneta Talakua

Abstract


Christian religious education is a process that gives freedom to children to explore various knowledge, develop attitudes and life skills. Conversely, education that is filled with violence does not make children develop in the learning process. This study aims to describe the role of Christian religious education teachers who create a pleasant atmosphere in the learning process of Christian religious education (CRE). This study used qualitative-descriptive method. And for that reason, researchers use library resources to explore about educating children without violence in learning Christian Religious Education. Educating children with violence sooner or later will lead to a criminal act and cause physical and psychological casualties. Vice versa, if CRE teacher educate teenagers with the example of Jesus as the Great Teacher, then teenagers can grow up with good morals and character.

 

Abstrak

Pendidikan agama Kristen (PAK) merupakan suatu proses yang memberikan kebebasan kepada anak untuk mengeksplorasi berbagai pengetahuan, mengembangkan sikap dan keterampilan hidup. Sebaliknya, pendidikan yang bermuatan kekerasan justru tidak membuat anak berkembang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Kristen yang menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Kristen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Dan untuk hal itu, peneliti menggunakan sumber pustaka untuk menelusuri tentang mendidik anak tanpa kekerasan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Mendidik anak dengan kekerasan maka cepat atau lambat itu akan mengarah ke suatu tindakan kriminal dan menimbulkan terjadinya korban fisik maupun psikis. Begitupun sebaliknya apabila guru PAK mendidik anak remaja dengan berpolakan keteladanan Yesus sebagai Guru Agung maka anak remaja dapat bertumbuh dengan memiliki moral dan karakter yang baik.


Keywords


Christian religious education; CRE teacher; violence; Pendidikan agama Kristen; guru PAK; kekerasan

Full Text:

PDF

References


Al Adawiah, Rabiah. “Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak.” Jurnal Keamanan Nasional 1, no. 2 (2015): 279–296.

Affandi, Agus. “Dampak Pemberlakuan Undang-Undang Perlindungan Anak Terhadap Guru Dalam Mendidik Siswa.” Jurnal Hukum Samudra Keadilan 11, no. 2 (2016): 196–208.

Andhini1, Alycia Sandra Dina, and Ridwan Arifin. “Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Tindak Kekerasan Pada Anak Di Indonesia” (2019).

Andiyanto, Tri. “Konsep Pendidikan Pranatal, Postnatal, Dan Pendidikan Sepanjang Hayat.” Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2018): 195–204.

Azzahra, Dea, Dinnie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furmanasari. “Peran Guru Pkn Dalam Mendidik Siswa Di Sekolah Dasar Dengan Metode Motivasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7192–7195.

Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, ISSN (2019): 2621–8151.

Groome, Thomas. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Harianti, Eva, and Nina Siti Salmaniah. “Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Orang Tua Terhadap Anak.” JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 2, no. 1 (2014): 45–57.

Hasugian, Johanes Waldes. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.

Hasugian, Johanes Waldes, Agusthina Christina Kakiay, Febby Nancy Patty, and Novita Loma Sahertian. “Kompetensi Sosial Guru PAK Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Implikasinya Bagi Perkembangan Karakter Peserta Didik.” JURNAL TERUNA BHAKTI 5, no. 1 (2022): 107–115.

Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Regula Fidei 6, no. 1 (2021): 24–31. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/70.

Homrighausen. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK-Gunung Mulia, 2012.

Ilham, Muhammad. “Kekerasan Guru Terhadap Siswa (Studi Fenomenologi Tentang Bentuk Kekerasan Guru Dan Legitimasi Penggunaannya).” Paradigma 1, no. 3 (2013).

Ipiana, Ipiana, and Reni Triposa. “Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Antusias 6, no. 2 (2021): 121–134.

Iris, Cully. “Dinamika Pendidikan Kristen.” Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Istapawati, Indah. “Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Memiliki Karakter Kristus Terhadap Peserta Didik Di Sekolah.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 14–32.

Maknun, Lu’luil. “Kekerasan Terhadap Anak Yang Dilakukan Oleh Orang Tua (Child Abuse).” Muallimuna 3, no. 1 (2017): 66–77.

Muis, Tamsil, Muhammad Syafiq, and Siti Ina Savira. “Bentuk, Penyebab, Dan Dampak Dari Tindak Kekerasan Guru Terhadap Siswa Dalam Interaksi Belajar Mengajar Dari Perspektif Siswa Di Smpn Kota Surabaya: Sebuah Survey.” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 1, no. 2 (2011): 63–74.

Puspitasari, Faradina. “Hubungan Antara Kekerasan Fisik Dan Kekerasan Verbal Terhadap Kecemasan Pada Siswa-Siswi SD Negeri 2 Ngemplak” (2017).

Robert R. Boehlke. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 1–11. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/56.

Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei 5, no. 1 (2020): 13–24.

Sudaryanti, Sudaryanti. “Mendidik Anak Menjadi Manusia Yang Berkarakter.” Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 2 (2014).

Tafonao, T. “Withdrawn: The Role Of Christian Teachers In Developing Student Characters In Digital Era.” (2019).

Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0.” Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2020): 45–62.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–143.

Utami, Ninik Tri, Agustina Dowansiba, Herman Krey, Erna Surwati Fangidai, and Amelia Yembise. “Mengajar Anak Secara Alkitabiah Menurut Ulangan 6: 1-19.” Prosiding Stt Erikson-Tritt 1, no. 1 (2021): 37–48.

Yahaya, Azizi, and Zainuddin Abu Bakar. “Teori-Teori Perkembangan.” Diakses dari https://www. researchgate. net pada 30 (2018).

“Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).”




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v4i1.177

DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v4i1.177.g194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).