Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak

Fredik Melkias Boiliu, Meyva Polii

Abstract


This article discusses the role of Christian religious education in families in the digital era to improve children's spirituality and morality. The digital era is an era where everything is instantaneous and fast. In this era, all human activities are carried out online, be it work activities, education and also worship. These online activities have both positive and negative impacts. By using a descriptive-analytical method,in this paper the author discusses the negative impact of online activities on children's spirituality and morality. Spirituas and morality are the main and foremost things for children's lives or things that are very basic for children. Therefore, parents have a very important role in the family to shape the spiritual and moral of the child because good or bad spiritual and moral children depend on the role of parents in the family. In the family, parents must play their role as the first and foremost role in improving children's spirituality and morality through the role of parents as teachers, educators, mentoring, motivators, and role models.

Abstrak

Artikel ini membahas tentang bagaimana peran pendidikan agama Kristen dalam keluarga di era digital untuk meningkatkan spiritualitas dan moralitas anak. Era digital merupakan era di mana semua serba instan dan serba cepat. Pada era ini, semua aktifitas manusia dilakukan secara online baik itu aktivitas pekerjaan, pendidikan dan juga beribadah. Aktivitas yang dilakukan secara online ini memiliki dampak yang positif dan negatif. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis, dalam tulisan ini penulis membahas dampak negatif dari kegiatan secara online terhadap spiritualitas dan moralitas anak. Spiritualitas dan moral merupakan hal yang utama dan terutama bagi kehidupan anak atau hal yang sangat mendasar bagi anak. Oleh sebab itu, orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga untuk membentuk spiritual dan moral anak karena baik atau buruknya spiritual dan moral anak tergantung pada peran orangtua dalam keluarga. Dalam keluarga orangtua harus memainkan peranannya sebagai yang pertama dan utama dalam meningkatkan spiritualitas dan moralitas anak melalui peran orangtua sebagai guru, pendidik, mentoring, motivator, role model.


Keywords


spirituality; morality of children; digital era; Christian religious education

Full Text:

PDF

References


Adewumi Moradeke Grace, ‘Olojo Oludare Jethro, Falemu Funke Aina, “Roles Of Parent On The Academic Performance Of Pupils In Elementary Schools’, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 2, 1 (2012), 197

Amelia, Veny Elita, & DewiYulia, ‘Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Remaja Di Daerah Pesisir Riau’, Jom, 2.2 (2015), 971–979.

Anamofa, Jusuf Nikolas, ‘Studying Christian Spirituality’, Jurnal UNIERA, Vol 2.No 2 (2013), 147

Bertens, K., ETIKA (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, Cet ke-11, 2011)

Boiliu, Noh Ibrahim, ‘Misi Pendidikan Agama Kristen Dan Problem Moralitas Anak’, Regulafidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol 1.No 1 (2016), 115

Budiningsih, Asri, Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa Dan Budayanya (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Candra, Puspita Adiyani, ‘Penggunaan Internet Pada Anak-Anak Sekolah Usia 6-12 Tahun Di Surabaya’, Journal Health and Medicine, 2.1 (2013), 1–10

Daniel Nuhamara, Pembimbing Pendidikan Agama Kristen (Bandung: Jurnal Info Media, 2007)

Djamarah, Syaiful Bahri, Pola Asuh Orangtua Dan Komunikasi Dalam Keluarga (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)

Elisabeth, Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini (Bandung: Media Informasi, 2009)

Fatmawati, Nur Ika, ‘Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orangtua Milenial’, Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11.2 (2019), 119–38

Fitria, ‘Pola Asuh Orangtua Dalam Mendidik Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Aspek Budaya Lampung’, Jurnal Fokus Konseling, 2.2 (2016), 99–115

Fredik Melkias Boiliu, Kaleb Samalinggai, Devi Wahyu Setiawati, ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0’, Jurnal DIDACGE, 1.1 (2020), 25–28

FutichaTurisqoh, ‘Peranan Orangtua Terhadap Akhlak Anak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam25 Desember 2009’

Gulo, Sadiria, ‘Prinsip Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Bagi Keluarga Banua Niha Keriso Protestan (Bnkp) Gunungsitoli’, Jurnal Global Edukasi, 1.3 (2017), 452 – 456

Hadi, Sutrisno, Metode Penelitian, 2nd Ed (Yogyakarta: Andi Offset, 2011)

Harianto GP, Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini (Yoyakarta: ANDY, 2012)

Hartono, Handreas, ‘Mengaktualisasikan Amanat Agung Matius 28 : 19-20 Dalam Konteks Era Digital’, KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 4.2 (2018), 19–20

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: Raja Wali Pers, 1999)

Hastuti, Ruwi, ‘Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pusat Bermisi’, Antusias Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 4.2 (2013), 1–15

Heryatno, Diktat Pendidikan Agama Katolik Sekolah. Diktat Mata Kuliah Pendidikan Agama Katolik II Untuk Mahasiswa, 2008

Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen (Jakarta: BPK-Gunung Mulia, 2012)

Indonesia., Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet, ‘No Title’, Buletin APJII. Edisi 05-November 2016dalamhttps://media.neliti.com/media/publications/276725-Penanaman-Nilai-Nilai-Agama-Dalam-Pendid-734379ad. Pdf. Pada 15/10/2020, 2020, pp. 16–10

Intarti, Esther Rela, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator’, Jurnal Regula Fidei, 1.2 (2016), 28–40

Khaironi, Mulianah, ‘Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, Vol 1.No 1, 1–16

Kristianto, Paulus Lilik, Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen No Title (Yogyakarta: ANDY, 2006)

L, Marjorie, Thompson, Keluarga Pusat Pembentukan Rohani (Jakarta: BPK-Gunung Mulia, 2011)

Lase, Sudirman, Pendidikan Agama Kristen Kepada Orang Dewasa (Medan: Mitra, 2011)

Maharani, Laila, ‘Perkembangan Moral Pada Anak KONSELI’, Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 1.No (2014), 93

Mangunhardjana, Prodiakon: Jati Diri, Wewenang, Dan Tugasnya (Jakarta, 2013)

Mardi Fitri, Na’imah, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini’, Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3.1 (2020), 1–15

Maulidiyah, Eka Cahya, ‘Penanaman Nilai-Nilai Agama Dalam Pendidikan Anak Di Era Digital’, Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2.1 (2018), 73

Nainggolan, John M., Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk (Bandung: Bina Media Informasi, 2009)

Nur Hotimah, Yanto, ‘Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia DiniIndonesia’, Journal of Learning Education and Counseling, 1.2 (2019), 89

Nuryanto, Sidik, ‘Stimulasi Kecerdasan Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Kisah’, Jurnal Indria: Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, 2.1 (2017), 41–43

Pranoto, Irwan, ‘Relevansi Konsep Spiritualitas Calvin Dalam Konteks Masa Kini’, Veritas, Vol 6.No 1 (2005), 59

Pratiwa, Nani, ‘Pengaruh Literasi Tergadap Psikologi Anak Remaja’, Jurnal Semantik, 2017, 10

Prisgunanto, Ilham, ‘Pemaknaan Arti Informasi Di Era Digital’, Jurnal Wacana, Vol 17.No 1 (2017), 152–62

Pulungan, Sahmiar, ‘Membangun Moralitas Melalui Pendidikan Agama’, Jurnal Al-Hikmah, 8.1 (2011), 9–11

Rahmatullah, Azam Syukur, ‘Pendidikan Keluarga Seimbang Yang Melekat Sebagai Basis Yang Mencerahkan Anak Di Era Digital’, Cendekia, 15.2 (2017), 213

Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boiliu, ‘Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Indusri 4.0’, Jurnal Shanan, 4.1 (2020), 93–107

Rausch, Thomas, Katolisisme:Teologi Bagi Kaum Awam (Yogyakarta: Kanisius, 2010)

Richards, awrence O., Pelayanan Kepada Anak-Anak (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2007)

Rifai, Eliezer, ‘Pendidikan Kristen Dalam Membangun Karakter Remaja Di Sekolah Menengah,”’, Antusias Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2.2 (2012), 1–17

Rosito, ‘Spiritualitas Dalam Perspektif Psikologi Positif’, Journal Visi, Vol 8.No 1 (2010), 37

Rumahorbo, Benget, ‘Peranan Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0’, Majalah Ilmiah Methoda, 9.3 (2019), 132–44

Salam, Burhanuddi, Etika Sosial Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia Itle (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

Santoso, Magdalena Pranata, ‘Reaching Family’s Sinergity With Christian Church And School To Educate Kid Having Christ’s Character’, Scientific Repository Petra Christian University Surabaya, 4 (2014), 1–23

Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian, ‘Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19’, Teruna Bhakti, 3.1 (2020), 1–11

Seriawan, Wawan, ‘Era Digital Dan Tantanganya’, in Seminar Nasional Pendidikan, 2017, p. 1

Setiawan, Wawan, ‘Era Digital Dan Tantangannya’, Seminar Nasional Pendidikan 2017, 2017, 1–9

Sidjabat, Samuel, Strategi Pendidikan Kristen (Yogyakarta: ANDY, 1994)

Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian, ‘Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi’, Regula Fidei, 5.1 (2020), 13–24

Simanjuntak, Julianto, 9 Masalah Utama Remaja (Jakarta: Yayasan Peduli Konseling, 2009)

Sukmanjaya, Bambang, ‘Internet Aman, Behavior Based Consultant’, 2017, 7–9

Surur, Misbahus, ‘Problematika Pendidikan Moral Di Sekolah Dan Upaya Pemecahannya’, Jurnal Fikroh, Vol 4.No 2 (2010), 126

Susanto, Hasan, Perjanjian Baru Intelinier-Yunani Indonesia Dan Konkordansi Perjanjian Bari Jilid I (Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), 2010)

Syamsuddin, ‘Memahami Dimensi Spiritual Dalam Praktek Pekerjaan Sosial’, Jurnal Imformasi, Vol 17.No 2 (2017), 113

Tanudjaja, Rahmiati, Spiritualitas Kristen Dan Apologetika Kristen (Malang: Literatue Saat, 2018)

Telaumbanua, Arozatulo, ‘Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa’, FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1.2 (2018), 219–31

Turansky, Scottdan Joanne Miller, Menjadi Orangtua Kristen (Jakarta Barat: Nafiri Gabriel, 2014)

Wadi, Elsyana Nelce, and Elisabet Selfina, ‘Peran Orangtua Sebagai Keluarga Cyber Smart Dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen Pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua’, Jurnal Jaffray, 14.1 (2016), 77

Waharman, ‘Peran Orangtua Dalam Pertumbuhan Spiritualitas Anak: Sebuah Studi Eksegetis Efesus 6:1-4’, Manna Rafflesia, 4.2 (2018), 122–23

Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja (Bandung: Rosdakarya, 2003)




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v1i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen



Immanuel indexed by:

               

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).