Kontribusi Pendidikan Agama Kristen dalam Pencegahan Fanatisme Kesukuan di Kalangan Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Lendy Florien Mailuhuw, Jusuf Luturmas

Abstract


Indonesia is a complex country that has more than 1.300 tribes that spread from Sabang to Merauke. This diversity becomes a trigger of conflicts and social discrimination In Indonesia, and it shows that ethnic fanaticism in Indonesia is too strong. Tanimbar Archipelago Regency in Mollucas Province is a place with a homogenous society that is the indigene tribes, now changed by the arrival of another tribe. The Operation of Block Masela also will invite people from other places or foreign countries to come to Tanimbar. Social conflicts often happen in Tanimbar affect security and can be a problem for gas production. This research aims to know the contribution of Christian Education as an education to prevent ethnic fanaticism among the university students in Tanimbar and to contribute to improving Christian Education to prevent ethnic fanaticism that endangers the unity of Indonesia. The research method is qualitative descriptive. Based on the results, Christian Education has contributed to preventing ethnic fanaticism among the students of Tanimbar Archipelago Regency through the materials and learning methods. So, Christian Education is also involved in preventing ethnic fanaticism among students in the university.

 

Abstrak

Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari 1.300 suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman ini sering menjadi pemicu konflik dan diskriminasi sosial yang terus terjadi dan menunjukkan masih tingginya rasa fanatisme kesukuan yang dimiliki masyarakat Indonesia. Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang berada di Provinsi Maluku, awalnya merupakan daerah homogen berubah menjadi heterogen dengan adanya perpindahan penduduk dari luar Tanimbar dan akan beroperasinya Blok Masela yang mengakibatkan datangnya masyarakat dari berbagai suku yang ada di Indonesia maupun dari luar negeri. Konflik sosial di tengah masyarakat sering juga terjadi di Tanimbar yang berdampak pada keamanan daerah yang dapat menghambat produksi gas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pendidikan agama Kristen sebagai salah satu bentuk edukasi pencegahan fanatisme kesukuan bagi mahasiswa di Tanimbar serta  memperoleh kontribusi bagi pengembangan mata kuliah Pendidikan Agama Kristen dalam upaya menangkal fanatisme kesukuan yang membahayakan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pendidikan agama Kristen memberikan kontribusi terhadap pencegahan munculnya fanatisme kesukuan bagi mahasiswa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar melalui materi dan metode yang digunakan dalam perkuliahan. Oleh karena itu, pendidikan agama Kristen turut berperan dalam pencegahan fanatisme kesukuan bagi mahasiswa yang ada di perguruan tinggi.


Keywords


Christian education; prevention; ethnic fanaticism; pendidikan agama kristen; pencegahan; fanatisme kesukuan

Full Text:

PDF

References


Administrator. ‘Kapolres Tanimbar Bersama Dandim 1507/Saumlaki Hadiri Mediasi Permasalahan Konflik Batas Desa Sangliat Krawain Dan Desa Sangliat Dol Di Kantor Bupati’. Tribata News Polda Maluku, 4 August 2022.

———. ‘Polres Tanimbar Bersama KODIM 1507/Saumlaki Respon Cepat Redam Konflik Desa Lermatang Dan Desa Bomaki’. Tribata News Polda Maluku, 13 August 2022.

Ali, Ismun. ‘Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam’. Jurnal Mubtadiin 7, no. 01 (January 2021): 247–64.

Boiliu, Fredik Melkias, Noh Ibrahim Boiliu, and Esther Rela Intarti. ‘Pendidikan Agama Kristen Antisipatif Radikalisme Dalam Beragama Di Indonesia’. Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (September 2019): 125–36.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. ‘Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84/E/KPT/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi’. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 19 October 2020.

Dokumen Rencana Pembelajaran Semester dan Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen Protestan pada Universitas Lelemuku Saumlaki Tahun Akademik 2022/2023.

Drabbe, P. Etnografi Tanimbar Kehidupan Orang Tanimbar Di Zaman Dahulu. Edited by Kornelis Seralarat and Ignasius Refo. Revisi. Yogyakarta: Gunung Sopai, 2017.

Gulo, Rezeki Putra, Erwin Zar, and Agusmawarni Harefa. ‘Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk: Mencerminkan Hidup Humanis Di Tengah-Tengah Pluralisme’. Eleos: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (January 2023): 81–90.

Indonesia.go.id. ‘Suku Bangsa’. Indonesia.go.id, 3 December 2017.

Jura, Demsy. ‘Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Semangat Moderasi Beragama Demi NKRI’. Jurnal Dinamika Pendidikan 13, no. 3 (November 2020): 315–23.

Kawangmani, Soleman, and Irawan Budi Lukmono. ‘Efektivitas Pembelajaran Agama Kristen Melalui Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen Di Perguruan Tinggi Terhadap Pemahaman Mahasiswa Kristen Tentang Gambar Diri’. Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 2, no. 1 (March 2020): 1–10.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi (2020).

Mailuhuw, Lendy Florien. ‘Teknik Pengumpulan Data’. In Pengantar Teknik Penulisan Karya Ilmiah, edited by Yuliatri, 1st ed., 73–88. Padang: Get Press Indonesia, 2023.

Media Tifa Tanimbar. ‘Pengrusakan Dilakukan Warga Desa Lumasebu, Siap Dan Sanggup Dipulihkan Pemdes Lumasebu’, 20 January 2023.

Nurish, Amanah. ‘Dari Fanatisme Ke Ekstremisme: Ilusi, Kecemasan, Dan Tindakan Kekerasan’. Jurnal Masyarakat Dan Budaya 20, no. 1 (1 September 2019): 31–40.

Pantan, Frans, and Priskila Issak Benyamin. ‘Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19’. Kharismata Jurnal Teologi Pentakosta 3, no. 1 (July 2020): 13–24.

Pemerintah Republik Indonesia. ‘Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan’, 2022.

Purba, Asmat, and Rudi M. S. ‘Peran Persekutuan Mahasiswa Kristen Dalam Pemuridan Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Di Politeknik TEDC Bandung)’. Jurnal TEDC 12, no. 3 (August 2018): 185–95.

Saleh, Zulkifli Hi. ‘Fanatisme Identitas Komunal Sebagai Pemicu Konflik Sosial (Studi Pada Konflik Sosial Kao-Malifut, Halmahera Utara)’. Journal Of Ethnic Diversity And Local Wisdom 2, no. 2 (28 December 2020): 74–82. https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/jedilwisdom/article/view/622.

Saragih, Erman Sepniagus. ‘Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter Wawasan Kebangsaan’. Jurnal Teologi Cultivation 2, no. 2 (December 2018).

Sidjabat, Binsen Samuel. ‘Kerangka Kurikulun Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi’. Jurnal Jaffray 17, no. 1 (April 2019): 73–90.

Sirait, Junio Richson, and Hestyn Natal Istinatun. ‘Analisis Relevansi Pendidikan Agama Kristen Di Universitas’. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin 2, no. 1 (January 2022): 26–33.

Stevanus, Kalis. ‘Memaknai Kisah Orang Samaria Yang Murah Hati Menurut Lukas 10:25-37 Sebagai Upaya Pencegahan Konflik’. BIA Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 1 (June 2020): 1–13.

Tanduklangi, Rinaldus. ‘Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20’. Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (June 2020): 47–58.

Wawancara dengan Lamberth Tatang, pada tanggal 4 Agustus 2022 pukul 15.20 WIT

Wawancara dengan Dorthea Lerebulan dan Dewilaras Loiwatu, pada tanggal 5 Agustus 2022, pukul 10.40 WIT

Wawancara dengan Sharlota Lerebulan dan Sumarni Kristinawati Saragih pada tanggal 6 Agustus 2022, pukul 10.00 WIT

Wawancara dengan Dewi Terry, pada tanggal 6 Agustus 2022, pukul 14.15 WIT




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v4i2.215

DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v4i2.215.g206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).