Upaya Membangun Kedisiplinan Belajar Peserta Didik

Hendro Hariyanto Siburian, Seliyah Seliyah

Abstract


Discipline in learning is one of the factors in achieving learning goals. Disciplinary problems also occur in class 1 SDK Transformasi students. This indiscipline results in the learning outcomes determined by the school needing to be achieved as contained in the school's curriculum vision and mission. This research method uses descriptive qualitative methods. The aim of this research is to describe the important role of teachers and parents in developing student discipline. The results of this research are that teachers must carry out their roles and functions well, and teachers must also collaborate with students' parents in developing students' discipline. Educators and parents build cooperation through agreement and communication, involvement in decision-making, and parenting. Elements of education and parents work together in an effort to build learning discipline in grade 1 SDK Transformasi students.

 

Abstrak

Kedisiplinan dalam belajar merupakan salah faktor tercapainya tujuan belajar. Permasalahan disiplin juga terjadi pada peserta didik kelas 1 SDK Transformasi. Ketidakdisiplinan tersebut mengakibatkan capaian pembelajaran yang ditentukan sekolah tidak tercapai sebagaimana yang termuat pada kurikulum serta visi dan misi sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran penting guru dan orangtua dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah guru harus melakukan peran dan fungsinya dengan baik, guru juga harus bekerjasama dengan orangtua peserta didik dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik. Pendidik dan orangtua membangun kerjasama yang di dalamnya ada kesepakatan dan komunikasi, keterlibatan dalam pengambilan keputusan, dan parenting. Unsur pendidikan dan orangtua bersinergi dalam upaya membangun kedisiplinan belajar peserta didik kelas 1 SDK Transformasi.


Keywords


Discipline; learners; learning; educator; kedisiplinan; peserta didik; belajar; pendidik.

Full Text:

PDF

References


Aksioma. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Matematika.” Universitas Tadaluko VOL.5 No. (2016).

Andra Ningsih, Diarti. “Guru Sebagai Manajer Kelas.” Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan 4, no. 1 (2019): 23–32.

Chaln Chavez, Anderson Mauro, and Kevin Eli Guevara Paredes. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAS Taman Mulia” (2014).

Ferdiansa, Geandra, and Yeni Karneli. “Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021): 847–853.

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

Hasugian, Johanes Waldes, and Maria Patricia Tjasmadi. “Pembinaan Digital Parenting Bagi Pimpinan Kristiani Di Indonesia.” Journal Of Human And Education (JAHE) 3, no. 2 (2023): 607–612.

Hendrik legi. Moral, Karakter Dan Disiplin Dalam Pendidikan Agama Kristen. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER, 2022.

Hidayat, H. Syarif. “Pengaruh Kerjasama Orangtua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri K... Yulia Rahmayanti Related Papers.” Jurnal Ilmiah WIDYA Volume 1 N, no. 01 (2018): 92–99.

Indrawan, Rully. Metoodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran. Bandung: Retika ADITAMA, 2017.

Istapawati, Indah. “Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Memiliki Karakter Kristus Terhadap Peserta Didik Di Sekolah.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 14–32.

Jamaludin, Ujang, Sigit Setiawan, Dea Oktadri Yanti Putri, Selvi Mutia Yunita, and Muhamad Afrizal. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023): 3164–3170.

Kutai, Kab, Barat Sendawar, Kalimantan Timur, and A Latar Belakang. “Yayasan Pendidikan Transformasi Kabupaten Kutai Barat,” no. April 2011 (2020).

Manizar, Elly. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar, 2015.

Maryatun, Ika Budi. Pemanfaatan Kegiatan Outbound Untuk Melatih Kerja Sama (Sebagai Moral Behavior) Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pengajar Pada Program Studi Pendidikan Guru- Pendidik Anak Usia Dini. Yogjakarta, 2018.

Mumu, A. Majid, and Aang Rohyana. “Hubungan Kualitas Kerja Sama Sekolah Dan Orang Tua Dengan Intensitas Usaha Belajar Siswa Di Smp Negeri Kota Tasikmalaya.” Metaedukasi 1, no. 1 (2019): 37–51.

Munawir, Munawir, Zuha Prisma Salsabila, and Nur Rohmatun Nisa’. “Tugas, Fungsi Dan Peran Guru Profesional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 1 (2022): 8–12.

Nurislami, Bhakti, Naning Sutriningsih, and Suminto Suminto. “Pengaruh Motivasi Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Anak Berkebutuhan Khusus.” JURNAL e-DuMath 6, no. 2 (2020): 83–90.

Pasir, Pematang, and Lampung Selatan. Peran Kepala Madrasah Sebagai Organisator Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhajirin Pematang Pasir Lampung Selatan, 2023.

Rohmah, Lailatu. “Peran Pola Asuh Orangtua Dalam Menanamkan Disiplin Pada Anak.” The 1st International Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) 1, no. December (2016): 167–176.

Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 1–11. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/56.

Sari, Diana. “Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 1, no. November (2017): 1–43.

Siburian, Hendro Hariyanto. “Pentingnya Model Kepemimpinan Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” In Sam Soukotta Sang Pemimpin Karakter Kristen, 198–229. Tawangmangu, 2020.

Siburian, Hendro Hariyanto, and Arif Wicaksono. “Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama Dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini” 2, no. 2 (2019): 207–226.

Simbolon, Jamilin. “Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 13, no. 1 (2020): 77.

Telaumbanua, Augusni Hanna Niwati. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0.” Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2020): 45–62.

Wardani, Kristi. “Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” no. November (2010): 8–10.

Zulfiati, Heri Maria. “Peran Dan Fungsi Guru Sekolah Dasar Dalam Memajukan Dunia Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 1, no. 14 (2014): 1–4.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v4i2.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

               

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).