Keistimewaan Metode Role-Playing untuk Siswa SMP di Kelas Pendidikan Agama Kristen

Sarwedy Sihotang, Dwiati Yulianingsih

Abstract


The purpose of this research is to find out that the role-playing method is a special method that is suitable for Christian religious education lessons. This method provides an attraction for junior high school students to like Christian religious education lessons. The subjects of this research were junior high school students from class VII to class IX, aged 13-15 years. The method used in this research is a qualitative method with a literature study approach. The following are the features of the role-playing method in Christian religious education lessons for junior high school students, namely: increasing learning concentration and making it easier for them to understand the material, fun, practicing skills or psychomotor training for junior high school students, instilling a good identity, as a place to train emotions or emotional control.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode role-playing adalah metode yang istimewa, yang sesuai untuk pelajaran pendidikan agama Kristen. Metode ini memberikan daya tarik bagi siswa SMP untuk menyukai pelajaran pendidikan agama Kristen. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMP dari kelas VII sampai kelas IX, meliputi rentang usia 13-15 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Keistimewaan metode role-playing pada pelajaran pendidikan agama Kristen bagi siswa SMP mencakup: meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan mereka memahami materi, menyenangkan, melatih keterampilan atau melatih psikomotorik siswa SMP, menanamkan jati diri yang baik, sebagai wadah melatih emosi atau kontrol emosi.

 


Keywords


Privileges; role-playing; junior high school students; Christian religious education; keistimewaan; bermain peran; siswa SMP; pendidikan agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Ahmat Luthfi, Ahmad Koliqul Amin, and Cahyo Hasanudin. “Analisis Keterampilan Menulis Teks Drama Dengan Metode Role-playing Berbantukan Audio Visual” 1, no. 3 (2021): 146–155.

Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Ana Agung Made Ardani. “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pecahan Sederhana Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Inpres I Nambaru.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 8, no. 2 (2021): 210–216.

Andri Kurniawan, dkk. Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Wijaya Bestari Samasta, 2022.

B. S. Sidjabat. Membesarkan Anak Dengan Kreatif: Panduan Menanamkan Iman Dan Karakter Kepada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: ANDI, 2012.

Banne, A. “Peran Gereja Terhadap Perilaku Pemuda Di Dalam Keluarga.” IAKN Manado, 2018.

BS. Sijabat. Strategi Pendidikan Kristen, Suatu Tinjauan Teologis- Filosofis. PBMR ANDI, 2021.

Dwi Puspitasari, Yunia, and Wisda Miftakhul Ulum. “Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2020): 304–313.

Fipin lestari. Memahami Karakteristik Anak. CV Bayfa Cendikia Indonesia, 2020.

Hamranani, Sri Sat Titi, Puput Risti Kusumaningrum, Devi Permatasari, and Eka Agus Setyawan. “Hubungan Lama Penggunaan Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja.” Hubungan Lama Penggunaan Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja 4 (2021): 1570–1579.

Harmathilda Hasanusi. “Penalaran Moral Dalam Mencegah Delikuensi Remaja.” Jurnal Qiro’ah Vol. 9. No (2019): 1–16.

Hasrian Rudi setiawan. Monograf Metode Role Play (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Peserta Didik). UMSU Press, 2023.

Hendrik legi. Metode Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Jawa barat: EDU PUBLISHER, 2021.

Homigrausen dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2008.

Jakub Saddam Akbar, Dkk. Model & Metode Pembelajaran Inovatif (Teori Dan Panduan Praktis). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Jefry Kurniawan Korua. “Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran.” Matar Jurnal Teologi dan pendidikan kristen, no. Peningkatann minat dan hasil belajar pendidikan agama kristen (PAK) melalui penerapan model pembelajaran bermain peran. Jefry Kurniawan Korua. Matar Jurnal Teologi dan pendidikan kristen. Peningkatann minat dan hasil belajar pendidikan agama kristen (PAK) (n.d.): Peningkatann minat dan hasil belajar pendidikan ag.

Junaidah. “Penerapan Metode Role-playing Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam Vol. 19. N (2022): 94–104.

Junihot M. Simanjuntak. Desain Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Implementasi Desain Dan Pengembangan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Dan Pelayanan PendewasaanUmat Di Sekolah Dan Gereja. Yogyakarta: PMBR Andi, 2023.

Kartini, Tien. “Penggunaan Metode Role-playing Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.” JURNAL, Pendidikan Dasar (2007): 1–5.

Kasanah, Sutria Amina, and Aries Tika Damayani. “Keefektifan Model Pembelajaran Role-playing Berbantu Media Multiply Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (2019): 519–526.

Kebudayaan, Kementrian pendidikan dan. Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti: Buku Guru. Jakarta, 2013.

Khatibah. “Penelitian Kepustkaan.” Iqra 05, no. 01 (2011): 36–39.

lukman hakim. “Penerapan Metode Pembelajaran Role-playing Untuk Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.” Jurnal humanis, jurnal ilmu-ilmu sosial dan humaniora Vol. 15 No (2023).

M. Ismail Makki dan Aflahah. Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Duta Media, 2019.

Maani, Siti. “Pembelajaran Kooperatif Model Role-playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMP Negeri 1 Pemenang.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 9 No. (2022).

Markus, Oci. “Strategi Pembelajran Pendidikan Agama Kristen.” Journal Teologi Santum Dominine shsush, no. gshab (2001): 54–65. https://files.indihomestudy.com/pdf/150.pdf.

Moh. Suardi. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Muhammad Taufik. Manajemen Penjas. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2020.

Noor bin Saper, dkk. Proceedings International Conference on Guidance and Counseling 2017 (ICGC“17). Pontianak: Elmans’ Institute bekerjasama dengan Jurusan BKI FUAD IAIN Pontianak, 2018.

Nurhasanah, Ismawati Alidha, Atep Sujana, and Ali Sudin. “Penerapan Metode Role-playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya.” Jurnal pena ilmiah 1, no. 1 (2016): 611–620.

Parhusip, Bongsu, Hasahatan Hutahaean, and Elda Theresia. “Penerapan Model Think-Pair and Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAK Pada Siswa SMP.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2020): 117.

Purwaningrum Puji lestari. Strategi Pembelajaran Ekonomi. PT teguh Ikhyak Properti Seduluran, 2023.

Rachman, Asri Aulia, Nana Djumahana, and Arie Rakhmat Riyadi. “Penerapan Metode Role-playing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Sisiwa Kelas IV Sekolah Dasar” (2019): 57–65.

Rahma Intan Talitha dan Tiara Cempakasari. “PENERAPAN METODE ROLE-PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN CIJATI.” Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar I, no. 2 (2016).

Rahmatul Azkiya, Nur. “Permainan Sensori Motorik Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Dengan ADHD.” Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi 9, no. 4 (2021).

Rahmawati, Maria Magdalena Emy, and C. Asri Budiningsih. “Pengaruh Mind Mapping Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 1, no. 2 (2014): 123–138.

Rosbanon Dewi & Zaenul Salam. “Penerapan Metode Role-playing Terhadap Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” (n.d.): 36–45.

Septiara. “Pengaruh Model Role-playing Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIISMP Negeri 2 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 (2023): 191–208.

Septiara nengsi simamora. “Pengaruh Model Role-playing Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Jurnal pendidikan dan ilmu sosial Vol. 1 No. (n.d.): 191–208.

Septiara nengsi Simamora. “Pengaruh Metode Role-playing Terhadap Keaktifan Belajar PAK Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMPN 2 Spoholon Tahun Pelajaran 2023/ 2024.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol.1 No. (2023).

Septiara Nengsi Simamora. “Pengaruh Model Role-playing Terhadap Keaktfan Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2023/ 2024.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. (2023): 191–208.

Shiva Devy. New Edition Pocket Book: IPS & PKN SMP/MTs Kelas VII, VIII, Dan IX. jakarta selatan, 2017.

Siburian, Melfi. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dengan Metode Bermain Peran Di SMP Negeri 1 Sunggal.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 3, no. 1 (2022): 32–49.

Syaiful Bahri Djamarah. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Tambunan, Susanti, Simion Harianja, Eduward Hottua Hutabarat, Robert Simangunsong, and Rawatri Sitanggang. “Pengaruh Model Pembelajaran Role-playing Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lae Parira Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi 1, no. 4 (2023): 232–248.

Teti Wahyuni. “Implementasi Metode Role Play Dalam Pembelajaran PAI Di PAUD Binaan BGP Aceh.” Jurnal buah hati Vol 10 (2023): 53–64.

Trianah. “Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal penelitian dan pendidikan IPS (JPPI) (2020): 7–14.

Try Gunawan Zebua. Studi Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Gunungsitoli: Guepedia, 2020.

Wayan Artika. Pendidikan Dan Manusia: Kumpulan Kritik Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo persada, 2018.

Yanto, Ari. “Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips.” Jurnal Cakrawala Pendas 1, no. 1 (2015).

Yowelna Tarumasely. Pembelajaran Interaktif Berbantu Nearpod: Membangun Kemandirian Dan Kecakapan Belajar Siswa. Academia Publication, 2023.

Yuwanita, Ika, Happy Indira Dewi, and Dirgantara Wicaksono. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa.” Instruksional 1, no. 2 (2020): 152.

“Penerapan Metode Role-playing Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PAK (Study Kasus: SD I Haruku-Sameth).” JURNAL PENDIDIKAN AGAMA Vol. 1 (n.d.): 1–5.

“Penerapan Metode Role-playing Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Mengelola Pertemuan/ Rapat Pada Peserta Didik Kelas XI AP3 Semester IV SMK Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2016/ 2017.” Jurnal Pendidikan Vol. 9 (2018): 1–99.

“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Materi Aku Bisa Mengasihi Orang Lain Melalui Metode Bercerita Teknik Estafet (Estafet Storytelling) Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Pringgolayan Semester II Tahun Pelajaran.” Jurnal Pendidikan Empirisme Vol 7 (2020): 1–161.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v5i1.236

DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v5i1.236.g226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).