Ice Breaking dalam Pembelajaran: Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Pendidikan Agama Kristen
(1) Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
(2) Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
(3) Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
(4) Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
(5) Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat
(*) Corresponding Author
Abstract
The average attention span of students in the process of teaching and learning activities in class is between ten and twenty minutes. After that, the teacher reacts to being sleepy, disturbing friends, being busy with his own activities, going in and out of class and sometimes finding it difficult to return to a conducive state. This problem is very serious and has the potential to reduce students' interest in learning about Christian Religious Education subject matter. The Ice breaking learning strategy is able to change a passive atmosphere into an active one. This strategy can be used by teachers to increase students' interest in receiving the material presented. This research aims to determine the effectiveness of the ice breaking learning strategy in increasing students' interest in learning and returning students' attention to Christian Religious Education material. This research uses qualitative research based on library research. Researchers search for and analyze research in the form of journals, proceedings, books and other articles related to the research title and then write them down as research results. From the results of the analysis, it was found that the application of the ice breaking learning strategy was able to develop and optimize students' brains and creativity, train them to think systematically to solve problems and increase their self-confidence. Therefore, teachers need to carefully consider using the ice breaker learning method and choose the type of ice breaker used based on the principles of motivation, synchronization, appropriate situation, and does not contain elements of SARA and pornography.
Abstrak
Rata-rata rentang perhatian naradidik dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas antara sepuluh sampai dua puluh menit. Setelah itu, reaksi mengantuk, mengganggu teman, sibuk pada kegiatan sendiri, keluar masuk kelas ditemui guru dan terkadang sulit dikembalikan pada keadaan yang kondusif. Permasalahan ini sangat serius dan berpotensi mengurangi minat belajar siswa pada materi pelajaran pendidikan agama Kristen. Strategi belajar ice breaking mampu mengubah suasana yang pasif menjadi aktif. Strategi ini dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat siswa untuk menerima materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efetivitas strategi belajar ice breaking dalam meningkatkan minat belajar siswa serta mengembalikan perhatian siswa pada materi pendidikan agama Kristen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berbasis library research. Peneliti mencari dan menganalisis litertur penelitian dalam bentuk jurnal, prosiding, buku, dan artikel lainnya yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Dari hasil analisis ditemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran ice breaking mampu mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan berpikir dan kreatifitas siswa, melatih berfikir sistematis untuk memecahkan masalah serta dapat meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, guru perlu mempertimbangkan dengan matang untuk menggunakan metode pembelajaran ice breaking dan memilih jenis ice breaking yang digunakan berdasarkan prinsip motivasi, sinkronisasi, tepat situasi, dan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arozatulo Telaumbanua. “Kreativitas Guru Agama Kristen Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen vol.1, no. 2 (2020): 116.
Bahasa, Badan Pembinaan dan Pengembangan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2021.
Beis, Yunita Sarah, Steaven Octavianus, and Dwi Novita Sari. “Analisis Implementasi Strategi Belajar Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal : Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei vol.5, no. 2 (2020): 150.
Dananjaya, Utomo. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia, 2013.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Gulo, Betieli. “Penerapan Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Kurikulum Merdeka.” Khamisyim: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen vol.1, no. no 2 (2024): 77.
Haryati, Fini Dwi. “Implementasi Ice Breaking Sebagai Pematik Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI.” Jurnal Al-Ilmi 4, no. 1 (2023).
Hidayat, Isnu. Strategi Pembelajaran Yang Populer. Yogyakarta: Diva Press, 2019.
Hidayatullah, Syah Nanda. “Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 7 Surabaya Pada Mata Pelajaran K3.” JPTM: Vol.1, no. 2 (2013): 86.
J.E, Krisna. “Penerapan Pendekatan PAIKEM (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan) Pada Pembelajaran Pidato Persuasif: Suatu Kajian.” Jurnal: Universitas Batang Hari Jambi 20, no. 3 (2020): 871.
Laia, Martinus. “Analisis Model Pengajaran Tuhan Yesus Berdasarkan Matius 5:13-16: Teladan Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 3 (2022): 533–42. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.731.
Lena, Mai Sri. “Efektivitas Implementasi Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Dan Semangat Belajar Siswa.” Pustaka:Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Vol 3, No. (2003).
M.N, Adlin, Dinda A.H, Yulinda S, Chotimah O, and Merliyana S.J. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan vol.6, no. 1 (2022): 474–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Makkawaru, Maspa. “Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Konsepsi Vol. 8, No (2023).
Musyafa, Aji Rachmat. 150 Ice Breaker. t.t.p: Adiluhung Press, 2022.
Putri, Munah Rai, Slamet Tryadi, and Hendra Setiawan. “Keefektifan Model Pembelajaran Example Non-Example Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Telukjambe Barat Tahun Ajaran 2022/2023.” Jurnal: Pendidikan Tambusai vol.7, no. 2 (2023): 17759.
Savitri, Aini Shivana, Dewi Sallmah, Nikie Ailsa Permatasari, and Prihantini. “Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal: Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora vol.13, no. 2 (2022): 506.
Soentanto, Ken Kawan. Ubah Orang Buangan Jadi Rebutan. Yogyakarta: Bentang, 2013.
Sunarto. Icebreaker Dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media, 2018.
———. Icebreaker Dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Yuman Pressindo, 2019.
Sunendar, Dadang. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BPPB Kemendikbud, 2021.
Tumangger, Elisabet Lastri. “Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Mptivasi Belajar Siswa Di Kelas VII Di SMP 1 Atap Negeri 5 Pengurungan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Tahun Pelajaran 2023-2024.” Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 1, No. (n.d.).
Tumanggor, Elisabet Lastri. “Pengaruh Teknik Ice Breaking (Mencairkan Suasana) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Satu Atap Negeri 5 Pengururan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Tahun Pelajaran 2023/2024.” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1, no. 5 (2024).
Wana, Prima Rias, Marina Gusnia Ruchiyat, and Siti Nurhidayah. “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal : Jendela Pendidikan 4, no. 1 (2024): 111.
Windarto, Selamet. 99 Penyegaran Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publising, 2018.
Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–66.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v5i2.324
DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v5i2.324.g235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).