Mengoptimalkan Perkembangan Belajar Siswa melalui Penerapan Teori John Dewey dalam Pendidikan Agama Kristen
Abstract
This paper highlights the problems that occur in the development of student learning, which are influenced by several factors, namely the inability of Christian religious teachers to design Christian religious education learning that is taught to students, rigid learning methods and materials, and the environment and limitations of students in various aspects such as intellectual, genetic, social, cultural and physical. This paper uses a library research method with the main reference being John Dewey's book entitled "Experience and Education" and references to literature related to the research. Data collection techniques consist of collecting data, reviewing books and literature, analyzing data and presenting data. The purpose of this paper is to conduct a study of John Dewey's learning theory, to describe how to apply John Dewey's learning theory in Christian religious education to student learning development. The results of the study indicate that John Dewey's learning theory can influence student learning development through learning experiences, social, environment and individual activity that can be applied through Christian religious education learning.
Abstrak
Tulisan ini menyoroti permasalahan yang terjadi pada perkembangan belajar siswa, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni ketidakmampuan guru agama Kristen dalam mendesain pembelajaran pendidikan agama Kristen yang diajarkan kepada siswa, metode dan materi pembelajaran yang kaku serta lingkungan dan keterbatasan siswa dalam berbagai hal seperti intelektual, genetik, sosial, budaya dan fisik. Tulisan ini menggunakan metode penelitian pustaka dengan rujukan utama buku John Dewey yang berjudul ”Experience and Education” dan rujukan literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data terdiri atas mengumpulkan data, melakukan penelaan terhadap buku dan literatur, analisis data dan menyajikan data. Tujuan tulisan ini adalah untuk melakukan kajian teori belajar John Dewey, menguraikan cara penerapan teori belajar John Dewey dalam pendidikan agama Kristen terhadap perkembangan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori belajar John Dewey dapat memengaruhi perkembangan belajar siswa melalui pengalaman belajar, sosial, lingkungan dan keaktifan individu yang dapat diterapkan melalui pembelajaran pendidikan agama Kristen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina Sipahutar, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho. “Pembelajaran Inquiry Menurut John Dewey Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 5 (2023): 108–123.
Agustini, Aully Grashinta, San Putra, Sukarman, Feliks Arfid Guampe, Jakub Saddam Akbar, Muhammad Alridho Lubis, Iyam Maryati, Ririnisahawaitun, Romi Mesra, Mike Nurmalia Sari, Paulus Robert Tuerah, May Vitha Rahmadhani, Runi Rulanggi. Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif). Deli Serdang: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2023.
Boiliu, Noh Ibrahim. “Pragmatisme John Dewey Dalam Praktik Pendidikan Agama Kristen.” Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 1 (2023): 1–9.
Dewey, John. Experience and Education. London: Collier Macmillan Publishers, 1963.
Dian Paula April Juwan , Septiana Dwiputri Maharani, Gede Agus Siswadi. “Transformasi Metode Mengajar Dalam Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Perspektif Aksiologi Pendidikan John Dewey.” Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya 8, no. 1 (2024): 19–29.
Erikson JP. Hutabarat, Lamhot Naibaho, Djoys Annkene Rantung. “Memahami Peran Pendidikan Di Era Post ModernMelalui Pandangan John Dewey.” Kolaboratif Sains 6, no. 11 (2023): 1572–1578.
Fredik Melkias, Boiliu, and Solmeriana Sinaga. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning Di Sekolah.” Jurnal Education and Development 9, no. 2 (2021): 120–126.
Hasugian, Johanes Waldes. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.
HB, Zulfahmi. “Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem).” Al-Ta lim Journal 20, no. 1 (2013): 278–284.
Lebar, Lois E. Education That Is Christian. Malang: Gandum Mas, 2016.
Magdalena, Bestari Endayana, Aflah Indra Pulungan, Maimunah, Nurazmi Dalila Dalimunthe. Metode Penelitian. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi, 2021.
Mahmud, Tri Tarwiyani , Zulkifli, Jaya Dwi Putra, Agus Saleh Hasibuan, Andi Masakim, Badarudin, Kezia Eka Sari dewi, Edi Kusmawan, Imam Setiyohadi. “Analisis Keterkaitan Filosofi Pendidikan John Dewey Dengan Prinsip Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia.” DIMENSI 13, no. 3 (2024): 945–959.
Mualifah, Ilun. “Progresivisme John Dewey Dan Pendidikan Partisipatif Persepektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2013): 102–121.
Pasang, Agustina. “Kontribusi Pemikiran John Dewey Mengenai Pembelajaran Berbasis Pengalaman Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 89–101.
Qomariyah, Nurul, and Endang Fauziati. “Kajian Literatur Sistematis Pragmatisme John Dewey Dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Indonesia.” Cahaya Mandalika 1, no. 1 (2023): 13–19.
Rangga, Oktavianus. “Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Pengalaman: Membangun Iman Melalui Narasi Hidup.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 81–99.
Sanjaya, H. Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2016.
Shodik, Ahmad. “Merdeka Belajar: Menurut Perspektif John Dewey.” SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan 8, no. 2 (2021): 6.
Suyono dan Hariyanto. Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakrya, 2017.
Tata, Vivi Restiana. “Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning Di Sekolah.” Inculco Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 110–123.
Telaumbanua, Arozatulo. “Penerapan Teori Belajar Sosial Kultural Vygotsky Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perkembangan Kognitif Alkitab Anak.” Sanctum Domine Jurnal Teologi 14, no. 1 (2024): 197–210.
———. Teori-Teori Belajar Dan Penerapannya Dalam Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PMBR Andi Offset, 2024.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i1.420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).