Relevansi Pendidikan Kristen dalam Membentuk Resiliensi Iman Remaja Generasi Z terhadap Pemikiran Kristen Progresif dari Bingkai Teologi Kristen

Yonatan Alex Arifianto, Elisa Nimbo Sumual, Yohana Fajar Rahayu

Abstract


Perubahan sosial dan kemajuan teknologi, remaja generasi Gen Z menghadapi persoalan dan tantangan mempertahankan iman Kristen mereka, terutama dengan munculnya pemikiran Kristen progresif yang menawarkan reinterpretasi ajaran tradisional yang sangat menyimpang dari doktrin ortodoksi. Pemikiran ini sering kali mengedepankan nilai-nilai inklusivitas seperti  mencakup pandangan bahwa keselamatan tidak hanya terbatas pada mereka yang secara eksplisit mengidentifikasi diri sebagai Kristen dengan percaya pada Yesus, tetapi juga dapat mencakup individu dari latar belakang agama atau keyakinan lain, selama mereka menjalani kehidupan yang penuh kasih, kebaikan, dan moralita dan juga ada nilai relativisme yang berpotensi memengaruhi keyakinan iman remaja. Tujuan dari penelitian ini supaya relevansi pendidikan Kristen dalam memperkuat ketahanan iman remaja Gen Z terhadap pengaruh pemikiran Kristen progresif. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, yang mengkaji literatur yang relevan mengenai pendidikan Kristen, resiliensi iman, dan pemikiran Kristen progresif. Dapat disimpulkan pendidikan Kristen yang berbasis pada ajaran Alkitab sejatinya dapat membentuk ketahanan iman remaja terhadap pengaruh Kristen progresif. Maka perlunya memahami Kristen progresif dan pemikirannya, sehingga generasi Z di era perkembangan Globalisasi, dapat menerima pengajaran dari pendidikan Kristen dan pentingnya  Resiliensi Iman Remaja Gen Z. Hal ini dimulai dari  strategis Pendidikan Kristen dalam integritas iman remaja di tengah arus pemikiran  Kristen progresif dan di tengah arus pemikiran yang terus berkembang namun menyimpang


Keywords


pendidikan Kristen, resiliensi iman, remaja Gen Z, Kristen progresif.

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Armila, Armila, Yumita Selvi Rombe Payung, Seprina Pilo, Asriani Ra’pean, and others. “Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Generasi Z.” Adiba: Journal of Education 3, no. 4 (2023): 510–19.

Bashori, Moh Hasan, and Fajar Hidayat. “Social Change in Muslim Teenagers At the Era of Globalization; Theoretical and Practical Studies.” Mozaic: Islamic Studies Journal 2, no. 2 (2024): 38–47. https://doi.org/10.35719/mozaic.v2i2.2120.

Baskoro, Paulus Kunto. “Pandangan Teologi Tentang Teologi Reformasi Dan Aplikasinya Bagi Kekristenan Masa Kini.” Jurnal Teologi (JUTEOLOG) 2, no. 1 (2021): 151–67. https://doi.org/10.52489/juteolog.v2i1.22.

Braunstein, Ruth, Rhys H. Williams, and Todd Nicholas Fuist. “Progressive Religious Activism.” The Wiley-Blackwell Encyclopedia of Social and Political Movements, 2022, 1–4. https://doi.org/10.1002/9780470674871.wbespm614.

Campbell, Letitia M, and Yvonne C Zimmerman. “Christian Ethics and Human Trafficking Activism: Progressive Christianity and Social Critique.” Journal of The Society of Christian Ethics 34, no. 1 (2014): 145–72. https://doi.org/10.1353/SCE.2014.0003.

Gunadi, Paul. “Anak Dan Kemajuan Teknologi.” TELAGA.Org, 2011. https://www.telaga.org/berita_telaga/anak_dan_kemajuan_teknologi.

Janis, Yanice, and Rolina A.E. Kaunang. “Building Resilience of the Christian Education Teachers in Developing Students Potentials in Digital Era.” EAI, 2020. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2302176.

King, Rebekka. “The New Heretics.” In The New Heretics. New York University Press eBooks, 2023. https://doi.org/10.18574/nyu/9781479873630.001.0001.

———. “The New Heretics: Popular Theology, Progressive Christianity and Protestant Language Ideologies.” University of Toronto, 2012.

Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan - Seri: Life Application Study Bible. Malang: Gandum Mas, 2016.

Mahmud, Akilah. “Krisis Identitas Di Kalangan Generasi Z Dalam Perspektif Patologi Sosial Pada Era Media Sosial.” Jurnal Ushuluddin 26, no. 2 (2024): 279–311.

Manutilaa, Deasy. “Studi Kepustakaan Peran Orangtua Dalam Melaksanakan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Keluarga Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Generasi Z.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 3 (2024): 985–91.

McGrath, Alister E. Christianity’s Dangerous Idea: The Prostestant Revolution--a History from the Sixteenth Century to the Twenty-First. Choice Reviews Online. Vol. 45, 2008. https://doi.org/10.5860/choice.45-4323.

Mikautadze, Rusudan. “Cultural Changes in the Era of Globalization and Its Importance in Intercultural Communication.” Enadakultura, 2022. https://doi.org/10.52340/lac.2022.954.

Nababan, Samuel, Emma Sianturi, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, and Esti Regina Boiliu. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Teknologi Bagi Remaja Di Era Digital.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2024): 205–17. https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.351.

Nabila, Laili Nurin, Fahrizal Putra Utama, Alif Ahya Habibi, and Ifa Hidayah. “Aksentuasi Literasi Pada Gen-z Untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Education Research 4, no. 1 (2023): 28–36.

Nainupu, Astrid Maryam Yvonny. “Mendidik Anak-Anak Yang Bermoral Rohani Di Era Teknologi Informasi Sesuai Dengan Iman Kristen.” Didache: Journal of Christian Education 5, no. 1 (2024). https://doi.org/10.46445/djce.v5i1.826.

Prasetyo, Rizki Heri, Masduki Asbari, and Salsabila Amelia Putri. “Mendidik Generasi z: Tantangan Dan Strategi Di Era Digital.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3, no. 1 (2024): 10–13.

Purwonugroho, Daniel Pesah. “Peran Gereja Dalam Membangun Keimanan Gen Y & Z Pada Era Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 3, no. 3 (2023): 182–92.

Rigin, Andike Agustyanto. “Sikap Orang Percaya Terhadap Ajaran Sesat Menurut Yudas 1:17-25 Dan Aplikasinya Bagi Orang Percaya Pada Masa Kini.” Theologi, 2004, 17–25. http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/100.

Sianipar, Desi, Yunardi Kristian Zega, Luterius Nehe, and Kristiantoro. “Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja Di Hkbp Jatisampurna Bekasi.” JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan 2, no. 2 (2020): 447–57. https://doi.org/10.33541/cs.v2i2.1964.

Sihombing, Riana Udurman, and Rahel Ragi Sarungallo. “Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kerusso 4, no. 1 (2019): 34–41.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R Dan D. Bandung: ALFABETA, 2012.

Susanti, Susi. “Gaya Hidup Pemuda Kristen Terhadap Perkembangan Teknologi (Media Sosial),” 2020.

Tampubolon, Maruli Tua, and Stefanus Dully. “Kemerdekaan Berfikir Dan Berteologi Kristen.” Jurnal Syntax Admiration 5, no. 10 (October 21, 2024): 4000–4010. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i10.1634.

Voloshynovych, Volodymyr M, Iryna Fediak, Yurii Prylepskyi, and Oleksandr Bulbuk. “Christian Education of Young People Is a Guarantee of Ukraine’s National Security in the Context of the Russian-Ukrainian War” 2, no. 19 (2024): 100–110. https://doi.org/10.52761/3041-1777.2024.19.2.9.

Widiyono, Suseno. “Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi.” Populika 7, no. 1 (2019): 12–21.

Wulandari, Widya, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. “Urgensi Rasa Nasionalisme Pada Generasi Z Di Tengah Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7255–60.

Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 105–16. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.145.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i1.421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).