Relevansi Pendidikan Kristen dalam Membentuk Resiliensi Iman Remaja Generasi Z terhadap Pemikiran Kristen Progresif dari Bingkai Teologi Kristen
Abstract
Social changes and technological advancements, generation Z (Gen Z) teenagers face issues and challenges maintaining their Christian faith, especially with the emergence of progressive Christian thought that offers reinterpretations of traditional teachings that strongly deviate from doctrinal orthodoxy. This thinking often puts forward values of inclusivity such as including the view that salvation is not only limited to those who explicitly identify as Christians by believing in Jesus, but can also include individuals from other religious backgrounds or beliefs, as long as they live a life of love, kindness, and morality and there is also the value of relativism that has the potential to influence teenagers' faith beliefs. The purpose of this research is to make the relevance of Christian education in strengthening the resilience of Gen Z teenagers' faith against the influence of progressive Christian thought. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, which examines relevant literature on Christian education, faith resilience, and progressive Christian thought. It can be concluded that Christian education based on the teachings of the Bible can actually form the resilience of teenagers' faith against the influence of progressive Christianity. So it is necessary to understand progressive Christianity and its thinking, so that generation Z in the era of globalisation development, can receive teaching from Christian education and the importance of Gen Z teenagers' faith resilience. This starts from the strategic of Christian education in the integrity of teenagers' faith in the midst of the flow of progressive Christian thought and in the midst of the flow of thoughts that continue to develop but deviate.
Abstrak
Perubahan sosial dan kemajuan teknologi, remaja generasi Z (Gen Z) menghadapi persoalan dan tantangan mempertahankan iman Kristen mereka, terutama dengan munculnya pemikiran Kristen progresif yang menawarkan reinterpretasi ajaran tradisional yang sangat menyimpang dari doktrin ortodoksi. Pemikiran ini sering kali mengedepankan nilai-nilai inklusivitas seperti mencakup pandangan bahwa keselamatan tidak hanya terbatas pada mereka yang secara eksplisit mengidentifikasi diri sebagai Kristen dengan percaya pada Yesus, tetapi juga dapat mencakup individu dari latar belakang agama atau keyakinan lain, selama mereka menjalani kehidupan yang penuh kasih, kebaikan, dan moralitadan juga ada nilai relativisme yang berpotensi memengaruhi keyakinan iman remaja. Tujuan dari penelitian ini supaya relevansi pendidikan Kristen dalam memperkuat ketahanan iman remaja Gen Z terhadap pengaruh pemikiran Kristen progresif. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, yang mengkaji literatur yang relevan mengenai pendidikan Kristen, resiliensi iman, dan pemikiran Kristen progresif. Dapat disimpulkan pendidikan Kristen yang berbasis pada ajaran Alkitab sejatinya dapat membentuk ketahanan iman remaja terhadap pengaruh Kristen progresif. Maka perlunya memahami Kristen progresif dan pemikirannya, sehingga generasi Z di era perkembangan Globalisasi, dapat menerima pengajaran dari pendidikan Kristen dan pentingnya resiliensi iman remaja Gen Z. Hal ini dimulai dari strategis Pendidikan Kristen dalam integritas iman remaja di tengah arus pemikiran Kristen progresif dan di tengah arus pemikiran yang terus berkembang namun menyimpang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.
———. “Reflektif Penderitaan Ayub Sebagai Resiliensi Iman Kristen: Membangun Pondasi Kekristenan.” ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2023): 20–31.
Armila, Armila, Yumita Selvi Rombe Payung, Seprina Pilo, Asriani Ra’pean, and others. “Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Generasi Z.” Adiba: Journal of Education 3, no. 4 (2023): 510–519.
Bashori, Moh Hasan, and Fajar Hidayat. “Social Change in Muslim Teenagers At the Era of Globalization; Theoretical and Practical Studies.” Mozaic: Islamic Studies Journal 2, no. 2 (2024): 38–47.
Baskoro, Paulus Kunto. “Pandangan Teologi Tentang Teologi Reformasi Dan Aplikasinya Bagi Kekristenan Masa Kini.” Jurnal Teologi (JUTEOLOG) 2, no. 1 (2021): 151–167.
Braunstein, Ruth, Rhys H. Williams, and Todd Nicholas Fuist. “Progressive Religious Activism.” The Wiley-Blackwell Encyclopedia of Social and Political Movements (2022): 1–4.
Campbell, Letitia M, and Yvonne C Zimmerman. “Christian Ethics and Human Trafficking Activism: Progressive Christianity and Social Critique.” Journal of The Society of Christian Ethics 34, no. 1 (2014): 145–172.
Fernando, Andreas, Carolina Etnasari Anjaya, and Yonatan Alex Arifianto. “Resiliensi Iman Kristen Dalam Refleksi Kehidupan Habakuk.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (2022).
Gamble, Richard M. The War for Righteousness: Progressive Christianity, the Great War, and the Rise of the Messianic Nation. Open Road Media, 2014.
Gunadi, Paul. “Anak Dan Kemajuan Teknologi.” TELAGA.Org.
Hasugian, Johanes Waldes, and May Rauli Simamora. “Kedewasaan Digital: Sebuah Konstruksi Formasi Spiritual Dalam Meminimalisir Sikap Adiktif Internet Pada Remaja Kristen.” KURIOS 10, no. 2 (2023): 553–564.
Hasugian, Johanes Waldes, and Maria Patricia Tjasmadi. “Pembinaan Digital Parenting Bagi Pimpinan Kristiani Di Indonesia.” Journal Of Human And Education (JAHE) 3, no. 2 (2023): 607–612.
Janis, Yanice, and Rolina A.E. Kaunang. “Building Resilience of the Christian Education Teachers in Developing Students Potentials in Digital Era.” EAI, 2020.
King, Rebekka. “The New Heretics: Popular Theology, Progressive Christianity and Protestant Language Ideologies.” University of Toronto, 2012.
———. The New Heretics. The New Heretics. New York University Press, 2023.
Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan - Seri: Life Application Study Bible. Malang: Gandum Mas, 2016.
Mahmud, Akilah. “Krisis Identitas Di Kalangan Generasi Z Dalam Perspektif Patologi Sosial Pada Era Media Sosial.” Jurnal Ushuluddin 26, no. 2 (2024): 279–311.
Manutilaa, Deasy. “Studi Kepustakaan Peran Orangtua Dalam Melaksanakan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Keluarga Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Generasi Z.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 3 (2024): 985–991.
Mariana, Dhella. “Dampak Perubahan Sosial Budaya Di Era Modern Terhadap Generasi Z,” June 2023.
McGrath, Alister E. Christianity’s Dangerous Idea: The Prostestant Revolution--a History from the Sixteenth Century to the Twenty-First. Choice Reviews Online. Vol. 45, 2008.
Mikautadze, Rusudan. “Cultural Changes in the Era of Globalization and Its Importance in Intercultural Communication.” Enadakultura (2022).
Nababan, Samuel, Emma Sianturi, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, and Esti Regina Boiliu. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Teknologi Bagi Remaja Di Era Digital.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2024): 205–217.
Nabila, Laili Nurin, Fahrizal Putra Utama, Alif Ahya Habibi, and Ifa Hidayah. “Aksentuasi Literasi Pada Gen-z Untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Education Research 4, no. 1 (2023): 28–36.
Nainupu, Astrid Maryam Yvonny. “Mendidik Anak-Anak Yang Bermoral Rohani Di Era Teknologi Informasi Sesuai Dengan Iman Kristen.” Didache: Journal of Christian Education 5, no. 1 (2024).
Prasetyo, Rizki Heri, Masduki Asbari, and Salsabila Amelia Putri. “Mendidik Generasi z: Tantangan Dan Strategi Di Era Digital.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3, no. 1 (2024): 10–13.
Purwonugroho, Daniel Pesah. “Peran Gereja Dalam Membangun Keimanan Gen Y & Z Pada Era Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 3, no. 3 (2023): 182–192.
Rigin, Andike Agustyanto. “Sikap Orang Percaya Terhadap Ajaran Sesat Menurut Yudas 1:17-25 Dan Aplikasinya Bagi Orang Percaya Pada Masa Kini.” Theologi (2004): 17–25.
Sianipar, Desi, Wellem Sairwona, Johanes Waldes Hasugian, Yunardi Kristian Zega, and Nova Ritonga. “Pendidikan Kristen Antisipatif-Transformatif: Revitalisasi Fungsi Didaskalia Untuk Ketahanan Pemuda Kristen Di Era Transnasionalisme.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 2 (2022): 761–781.
Sianipar, Desi, Yunardi Kristian Zega, Luterius Nehe, and Kristiantoro. “Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja Di Hkbp Jatisampurna Bekasi.” JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan 2, no. 2 (2020): 447–457.
Sihombing, Riana Udurman, and Rahel Ragi Sarungallo. “Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi dan Pelayanan Kerusso 4, no. 1 (2019): 34–41.
Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei 5, no. 1 (2020): 13–24.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R Dan D. Bandung: ALFABETA, 2012.
Susanti, Susi. “Gaya Hidup Pemuda Kristen Terhadap Perkembangan Teknologi (Media Sosial)” (2020).
Tampubolon, Maruli Tua, and Stefanus Dully. “Kemerdekaan Berfikir Dan Berteologi Kristen.” Jurnal Syntax Admiration 5, no. 10 (October 2024): 4000–4010.
Voloshynovych, Volodymyr M, Iryna Fediak, Yurii Prylepskyi, and Oleksandr Bulbuk. “Christian Education of Young People Is a Guarantee of Ukraine’s National Security in the Context of the Russian-Ukrainian War” 2, no. 19 (2024): 100–110.
Wang, Ziang, Yinglin Luo, Xuan Cao, and Jindong Jiang. “The Twisted Path to Sacredness: A Grounded Theory Study of Irrational Religious Orientation and Its Psycho-Sociological Implications.” BMC Psychology 12, no. 1 (June 2024): 360.
Webb, Val. “Panentheism and Progressive Christianity.” Modern Believing 63, no. 2 (April 2022): 162–168.
Wibowo, Daniel Ari. “Kristen Progresif: Analisis Kritis Terhadap Penyimpangan Teologis Dalam Pemikiran Modern.” Kaluteros Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2024): 188–204.
Widiyono, Suseno. “Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi.” Populika 7, no. 1 (2019): 12–21.
Wulandari, Widya, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. “Urgensi Rasa Nasionalisme Pada Generasi Z Di Tengah Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7255–7260.
Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 105–116.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i1.421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).