Dari Tenda Pembuat Kemah ke Ruang Kelas: Transformasi Gaya Mengajar Rasul Paulus dalam Dunia Pendidikan
Abstract
: Education plays a crucial role in shaping future generations who are prepared to face global challenges. However, the effectiveness of learning continues to encounter various obstacles, such as the lack of contextualized teaching, the dominance of teacher-centered methods, the digital divide, and the limited implementation of experiential learning and mentorship. A memorization-oriented education system also hinders the development of critical thinking skills. The aim of this study is to analyze the challenges within the current educational system and to design a contextual learning model based on the teaching methods of the Apostle Paul as an alternative solution. This research employs a qualitative method using a library research approach, in which data is collected through analysis of relevant literature and biblical texts related to Paul's teaching style. The findings indicate that Paul’s teaching methods were flexible, contextual, participatory, experience-based, and emphasized mentorship. This approach proved effective in shaping character, understanding, and the practical application of life values among learners. The implication for modern education is the urgent need to transform teaching methods into a more interactive model that is relevant to students' real-life contexts and emphasizes personal relationships between educators and learners. Thus, learning becomes not only cognitive but also transformative.
Abstrak
Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk generasi penerus yang siap menghadapi tantangan global. Namun, efektivitas pembelajaran masih menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya kontekstualisasi pengajaran, dominasi metode teacher-centered, kesenjangan digital, serta minimnya pembelajaran berbasis pengalaman dan mentorship. Sistem pendidikan yang berorientasi pada hafalan juga menghambat pengembangan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tantangan dalam sistem pendidikan masa kini serta merancang model pembelajaran kontekstual berbasis metode pengajaran Rasul Paulus yang dapat menjadi solusi alternatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, dimana data dikumpulkan melalui analisis terhadap literatur dan teks-teks Alkitab yang relevan mengenai gaya mengajar Paulus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran Rasul Paulus bersifat fleksibel, kontekstual, partisipatif, berbasis pengalaman nyata, dan menekankan pada mentorship. Pendekatan ini terbukti efektif dalam membentuk karakter, pemahaman, dan penerapan nilai-nilai hidup peserta didik. Implikasinya terhadap pendidikan modern adalah perlunya transformasi metode pengajaran menuju model yang lebih interaktif, relevan dengan konteks kehidupan siswa, serta menekankan hubungan personal antara pendidik dan peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran tidak hanya bersifat kognitif, tetapi juga transformatif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abner. “Model Pembelajaran Metode Ceramah: Menyuguhkan Materi Dengan Cara Yang Menarik.” PerpusTeknik, 2023.
Ahmed, F. “Prospect of Sustainability Course for Student‟s Engagement in ESD.” Journal Sustainability Perspective 1, no. 1 (2021).
Amadi, Aunur Shabur Maajid. “Pendidikan Di Era Global: Persiapan Siswa Untuk Menghadapi Dunia Yang Semakin Kompetitif.” Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan 17, no. 2 (2022): 155–164.
Andi, Yohanes, Oktavina Tola, Yabe Doma, and I Ketut Gede Suparta. “Strategi Misi Lintas Budaya Berdasarkan 1 Korintus 9:19-23.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 1 (2020): 57–66.
Andika, Andi, Aswan, and Ardian. “Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 Di Indonesia.” Jupiter 1, no. 3 (2023): 11–28.
Arfandi, and Aso Mohamad Samsudin. “PERAN GURU PROFESIONAL SEBAGAI FASILITATOR DAN KOMUNIKATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR.” edupedia 5, no. 2 (2021).
Babullah, Rubi. “TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN.” PISTEMIC: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN 01, no. 02 (2022): 131–152.
Banfatin, Nahor, and Masye Rompa. “PRINSIP PEMURIDAN RASUL PAULUS BERDASARKAN 2 TIMOTIUS 2:2 : SUATU EKSPOSISI.” Theologia Insani : Jurnal theologia, Pendidikan, dan Misiologia Interaktif 1, no. 2 (2022): 142–162.
Bao, J. Teaching and Learning Strategies for Differentiated Instruction in the Language Classroom, 2010.
Baskoro, Paulus Kunto Yudhistira, Elkana. “Strategi Penginjilan Paulus Di Efesus Berdasarkan Kitab Kisah Para Rasul 19-20 Dan Implementasinya Pada Masyarakat Majemuk Masa Kini.” Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso 8, no. 2 (2023): 108–119.
Dewi, Yuli Ani Setyo, Rina Mida Ambarumi Munawaroh, Diah Hayati, and Arifin Zaenal. “Metode Teacher Centered Learning (TCL).” In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 760–769. Malang, 2021.
Firmansyah, Asep, and Jiwandono Nahnu Robid. “Kecenderungan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning Dan Teacher Centre Learning Dalam Pembelajaran.” JGI : Jurnal Guru Indonesia 2, no. 1 (2022): 33–39.
Hasugian, Johanes Waldes. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.
Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Regula Fidei 6, no. 1 (2021): 24–31. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/70.
Iskandar, Nabillah Mujahadah, and Rasmitadila. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Evaluasi Yang Efektif: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Metode Evaluasi.” Karimah Tauhid 3, no. 2 (2024): 2270–2287.
Juliantini, Ni Ketut. BESARNYA PENGARUH ERA DIGITAL TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN KHUSUSNYA DI INDONESIA, 2022.
Kemendikbudristek. “Laporan Pemetaan Akses Dan Kesiapan Digital Di Sekolah-Sekolah Indonesia,” 2023.
Kia, Dan A. “KAJIAN TEOLOGIS-PEDAGOGIS KETELADANAN RASUL PAULUS DALAM PENGINJILAN DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK KRISTEN MASA KINI.” Shanan Jurnal pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2017): 74–102.
Kiranasari, Shinta Puspa. “Transformasi Pendidikan Indonesia: Tantangan Dan Harapan.” Kompasiana, 2024.
Kolb, D. A. Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs: NJ: Prentice-Hall, 1984.
Mardiyah, Shibi Zuharoul, Adelia Putri Salsabila, and Nur Luthfi Rizqa Herianingty. “STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI LEARNING COMMUNITY.” Jurnal PGMI 6, no. 2 (2023): 102–109.
Mezirow, J. Education for Perspective Transformation. Women Re-Entry Programs in Community College., 1978.
Ming, David. “Paulus Sang Pendidik.” Jurnal Kadesi 4, no. 1 (2021): 1–22.
Neil, John Mc. Curriculum A Comperehensive Introduction. Boston: Little Brown And Company., 1977.
Nugraha, Wildan, and Dodi Herdiana. “TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN.” Journal Of education : Jurnal Pendidikan 01, no. 28 (2024): 1–8.
Nurlatifah, Ida. “Revitalisasi Metode Pengajaran: Dari Pembelajaran Konvensional Ke Aktif Dan Kolaboratif.” Kompasiana, 2023.
Patriawan, Zerafica. “Kesenjangan Digital Dan Dampaknya Terhadap Akses Pendidikan Di Daerah Tertinggal.” Kompasiana, 2024.
Payong, Marselus R. “ZONA PERKEMBANGAN PROKSIMAL DAN PENDIDIKAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME SOSIAL MENURUT LEV SEMYONOVICH VYGOTSKY.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (2020): 164–178.
Prakoso, Yoga Chiptiono, and Nursiwi Nugraheni. “Tantangan Dan Prospek Pendidikan Berkelanjutan Di Era Global: Menuju Masa Depan Yang Berkelanjutan.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 4 (2024): 515–519.
Pratt, D.D. Andragogy After Yweiity-F;Ive Years." In S. B. Merriam (Ed.), Update on Adult Learning Theory. New Directions for Adult and Continuing Education. San Francisco: Jossey-Bass, 1993.
Ricardo, Nathanael. “Latar Belakang Paulus Dan Surat-Surat Kiriman Paulus.” Transformasi, 2024.
Rosidin. “Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning).” Akademika 8, no. 2 (2014): 151–165.
Saefatu, Meyrlin. “Ekomarturia.” INTEGRITAS: Jurnal Teologi 6, no. 1 (2024): 1–15.
Slavich, G. M., and P. G. Zimbardo. “Transformational Teaching: Theoretical Underpinnings, Basic Principles, and Core Methods.” Educational Psychology Review 24, no. 4 (2012): 569–608.
Subroto, Desty Endrawati, Supriandi, Rio Wirawan, and Arief Yanto Rukmana. “Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan West Science 01, no. 07 (2023): 473–480.
Sugiono. “Pendekatan Penginjilan Kontekstual Paulus Berdasarkan Kisah Para Rasul 17:16-34.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 87–102.
Suleha, Zachro, and Sukari. “PROBLEMATIKA METODE PENGAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MODERN.” T S A Q O F A H : Jurnal Penelitian Guru Indonesia 4, no. 6 (2024): 3936–3944.
Taylor, L. “Vygotskian Influences in Mathematics Education, with Particular Reference to Attitude Development.” Jurnal: Focus on Learning Problems in Mathematics 15 (1993): 3–17.
Team, Global Education Monitoring Report. “Global Education Monitoring Report, 2020: Inclusion and Education: All Means All, Easy to Read Version, Key Messages, Recommendations,” 2020.
Vygotsky, L. S. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, New York: MA: Harvard University Press., 1978.
Wedi, Agus. “KONSEP DAN MASALAH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran.” Edcomtech 1, no. 1 (2016): 21–28.
Woodside, J. M., F. K. Augustine, V. Chambers, and M Mendoza. “Integrative Learning and Interdisciplinary Information Systems Curriculum Development in Accounting Analytics.” Journal of Information Systems Education 3, no. 2 (2020): 147–156.
Zavira, Lisa. “PERAN GURU PADA TRANSFORMASI PENDIDIKAN DALAM MENYONGSONG GENERASI EMAS 2045.” Al-Madaris 4, no. 2 (2023): 28–36.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i1.424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).