Model Penanaman Nilai Karakter Disiplin Mahasiswa dalam Meningkatkan Sumber Daya Unggul di Era 4.0

Urbanus Urbanus

Abstract


The purpose of this study is to find out the model for inculcating the value of disciplinary character by lecturers to foster student discipline character values in increasing superior resources in the 4.0 era. This research is motivated by the lack of student discipline in learning. It can be seen that students are late in collecting assignments from the allotted time and the results of the work done. This research uses descriptive qualitative research with 7 students as the research subject. Data collection techniques were carried out by means of observation and interviews. Furthermore, data analysis, data presentation and conclusions are made. The results of this study indicate that the model for inculcating student discipline character values in improving superior resources in the 4.0 era is the habituation model, the exemplary model and the coaching model. The value of disciplined character is a positive attitude that affects students' abilities, so that they have superior resources in the 4.0 era.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model penanaman nilai karakter disiplin yang dilakukan dosen untuk menumbuhkan nilai karakter disiplin mahasiswa dalam meningkatkan sumber daya unggul di era 4.0.  Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya disiplin mahasiswa dalam belajar.  Hal tersebut terlihat keterlambatan mahasiswa dalam mengumpulkan tugas dari waktu yang telah ditentukan dan hasil tugas yang dikerjakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 7 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Selanjutnya dilakukan analisis data, penyajian data dan membuat kesimpulan.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model penanaman nilai karakter disiplin mahasiswa dalam meningkatkan sumber daya unggul di era 4.0 yaitu model pembiasaan, model keteladanan dan model pembinaan. Nilai karakter disiplin merupakan sebuah sikap positif yang memengaruhi kemampuan mahasiswa, sehingga memiliki sumber daya unggul di era 4.0.


Keywords


Cultivation model; character values; discipline; resources; excellence

Full Text:

PDF

References


Almanshur, Djunaidi. M & Fauzan. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Annisa, Fadillah. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar.” Perspektif Pendidikan dan Keguruan 10, no. 1 (2019): 69–74.

Dodson, F. Mendisiplinkan Anak Dengan Kasih Sayang. Jakarta: Gunung Mulia, 2006.

Faisal, Amir & Zulfanah. Membangkitkan Gairah Anak Untuk Berprestasi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.

Faradiba, Andi Tenri, and Lucia R.M. Royanto. “Karakter Disiplin, Penghargaan, Dan Tanggung Jawab Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler.” Jurnal Sains Psikologi 7, no. 1 (2018): 93.

Hasugian, Johanes Waldes. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.

Hasugian, Johanes Waldes, May Rauli Simamora, and Nasib Tua Lumban Gaol. “The Correlation of Self-Leadership and Autonomy Among Students of Theological College in North Sumatera.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 4, no. 3 (2021): 5498–5505.

Hidayat, Nur. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Pondok Pesantren Pabelan.” JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2, no. 1 (2016): 95.

Hidayati, Abna. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2016.

Ismael, Andar. Selamat Menabur. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

Laila, Qumruin Nurul. “Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura” (1974).

Maulana, S A, H Mahfud, and F P Adi. “Peningkatan Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Value Clarification Technique.” Didaktika Dwija Indria 8, no. 102 (2020): 2.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Ningrum, Retno Wulan, Erik Aditia Ismaya, Nur Fajrie, and Sejarah Artikel. “Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka.” 2020 3, no. 1 (2020): 105–1117.

Permatasari, Nindi Andriani, Deka Setiawan, and Lintang Kironoratri. “Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring” 3, no. 6 (2021): 3758–3768.

Prasetyo, Danang, and Weka Indriani. “Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Budaya Disiplin.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1 (2019).

Pratiwi, Sri Nurabdiah. “Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era 4.0.” Jurnal EduTech 6, no. 1 (2020): 109–114.

Predy, Monovatra, Joko Sutarto, Titi Prihatin, and Arief Yulianto. “Generasi Milenial Yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5 . 0 Dan Revolusi Industri 4 . 0 ) Di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia” (2019).

Putri, Ragil Dian Purnama, and Nindiya Eka Safitri. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter KECE (Komunikatif, Empatik, Cinta Damai, Energik) Di Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Bonus Demografi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika “Motogpe,” 2018.

Ronda, Daniel. Leadership Wisdom; Antologi Hikmat Kepemimpinan. Bandung: Kalam Hidup, 2011.

Setiawan, Roy. “Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik Dan Intrinsik Mahasiswa, Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Di Departemen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra.” Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis 1, no. 2 (2010): 229–243.

Setiawani, Mary Go. Menerobos Dunia Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2004.

Smith, A. B. “How Do Infants and Toddlers Learn the Rules? Family Discipline and Young Children.” International Journal of Early Childhood 36, no. 2 (2004): 27–41.

Sugiana Aset, Sofian. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di SMK Ethika Palembang” 148 (n.d.): 148–162.

Ulum, Raudhatul, and Sakatiga Inderalaya. “Penerapan Kurikulum Terpadu Sebagai Model Pembinaan Karakter Siswa (Studi Di Smp It Raudhatul Ulum Sakatiga Inderalaya).” Tadrib 5, no. 2 (1970): 217–233.

Urbanus. “Implementasi Nilai Karakter Cinta Damai Sebagai Upaya Mewujudkan Gereja Yang Sehat.” Prosiding Seminar Nasional STT Sumatera Utara 1, no. 1 (2021): 103–114. https://stt-su.ac.id/e-journal/index.php/prosiding/article/view/56.

———. Menggali Dan Menumbuhkembangkan Nilai-Nilai Karakter Terintegrasi Dalam Pendidikan Agama Kristen. 1st ed. Palangka Raya: Lembaga Literasi Dayak, 2020.

———. “Peran Orang Tua Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Menghadapi Degradasi Moral Di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 ….” Jurnal KALA NEA 1, no. Vol 1 No 01 (2020): Jurnal Kala Nea (2020): 81–96. http://jurnal.sttimmanuelsintang.ac.id/index.php/sttis/article/view/51.

———. “Tinjauan Alkitab Terhadap Nilai-Nilai Karakter Dan Implementasinya.” Tumou Tou VII (2020): 112–127.

Wijoyo, Hadion. Sumber Daya Manusia Unggul Di Industry 4.0. Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Yemima, Kezia. “Aplikasi Ibrani 12:5-13 Sebagai Model Pendidikan Karakter Disiplin Anak Generasi Z Dalam Keluarga Kristen Di Era New Normal Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 5, no. 1 (2021): 15.

Yusuf, Muhammad, Mahyudin Ritonga, and Mursal Mursal. “Implementasi Karakter Disiplin Dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI Di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah.” Jurnal Tarbiyatuna 11, no. 1 (2020): 49–60.

Zenda, Aldesion Denagi. “Model Komunikasi,” no. 9 (2019): 1153–1160.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v2i2.82

DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v2i2.82.g126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).