Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila melalui Pendidikan Agama Kristen: Studi pada SMKN 1 Kendari

Ho Lucky Setiawan, Devi Maria Bungaa

Abstract


Religious education has a vital role in forming character and moral values in students. However, what is the role of religious education in internalizing the values of Pancasila? This is a significant effort to make in the era of disruption. This research aims to show how Christian education can be instrumental in strengthening awareness of Pancasila values, especially for Christian students, in a pluralistic school environment. This research uses a descriptive analysis method with a qualitative and literature approach, finding that Christian religious education significantly instills Pancasila values in vocational high school students, specifically in the environment of SMK 1 Kendari. Thus, it is concluded that internalizing Pancasila values through Christian religious education can form Christian students' noble character and morals, especially in the Kendari Vocational School 1 environment.


Abstrak

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moral pada siswa. Namun, bagaimana peran pendidikan agama dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila, hal ini menjadi upaya yang sangat penting untuk dilakukan di era disrupsi. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana pendidikan kristiani dapat dipergunakan sebagai pendekatan instrumental dalam memperkuat kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, khususnya pada siswa Kristen, di lingkungan sekolah yang bersifat plural. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan literatur, serta menemukan bahwa pendidikan agama Kristen sangat berfungsi signifikan dalam penanaman nilai-nilai Pancasila kepada siswa menengah Kejuruan, secara khusus di lingkungan SMK 1 Kendari. Internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran pendidikan agama Kristen dapat membentuk karakter dan moral siswa Kristen yang luhur, khususnya di lingkungan SMK 1 Kendari.


Keywords


Christian education; Pancasila values; internalization; SMKN 1 Kendari; pendidikan agama Kristen; nilai Pancasila; internalisasi.

Full Text:

PDF

References


Chairiyah, C. “Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1 (1),” 2017.

Dwikoryanto, Matius I. Totok, and Yonatan Alex Arifianto. "Sinergisitas Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kristiani dalam Mereduksi Cyber Bullying di Era digital." MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 4, no. 1 (2022): 175-185.

Eka. Darmaputera and M, Pancasila: Identitas Dan Modernitas (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988).

Efendi, Yusuf, Halimatus Sa’diyah, and others. “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan.” JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan) 5, no. 1 (2020): 54–65.

Kurniawan, Machful Indra. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2015): 41–49.

Lie, Tan Lie, Yonatan Alex Arifianto, and Reni Triposa. “Aktualisasi Pancasila Dalam PAK: Penguatan Bela Negara Dan Jati Diri Bangsa Menghadapi Superioritas Dan Fundamentalisme Atas Nama Agama.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 2 (2022): 294–308.

Novitasari, Dini, Iskandar Ladamay, and Ludovikus Bomans Wadu. “Upaya Pembentukan Karakter Religius Islam Pada Siswa Melalui Keteladanan Di Sekolah Menengah Kejuruan.” In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 3:174–81, 2019.

Nurgiansah, T Heru. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7310–16.

Nurjanah, Siti. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Pelajar (Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila Di Kalangan Pelajar).” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 5, no. 1 (2017): 93–106.

Pakpahan, Gernaida Krisna, Ibnu Salman, Andreas Budi Setyobekti, Ivonne Sandra Sumual, and Apin Militia Christi. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Upaya Mencegah Radikalisme.” KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 7, no. 2 (2021): 435–45.

Rianto, Yatim. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SUC, 2021.

Sawan, Fransiskus, and Marselus Ruben Payong. "Penguatan karakter moderasi beragama melalui literasi keagamaan dalam pendidikan kristiani." KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 9, no. 2 (2023): 297-309.

Tilaar, Martha. Kecantikan Perempuan Timur. IndonesiaTera, 1999.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v5i1.89

DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v5i1.89.g227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).