Implementasi Kepemimpinan Kristen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan yang Dikelola Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh
Abstract
Abstrak
Peranan pendidikan merupakan suatu proses yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia suatu bangsa. Keterbelakangan pendidikan suatu negara merupakan suatu hambatan serius dalam meningkatkan kesejahteraan suatu bangsa. Dalam mencerdaskan anak bangsa, peran swasta dibutuhkan dalam penyelenggaraan pendidikan. Peran swasta dalam hal ini pendidikan yang dikelola oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, khususnya Wilayah Sumatera Utara, telah berkontribusi dalam menyelenggarakan pendidikan, namun belum secara maksimal dalam memberikan standar pendidikan yang berkualitas, hal ini dapat dilihat dengan melihat indikator, sarana prasarana yang kurang memadai, status akreditasi belum maksimal, serta belum menjadi pilihan utama peserta didik, khususnya di wilayah Sumatera Utara. Hal ini menjadi salah satu perhatian yang serius bagi pengelola institusi pendidikan di bawah Yayasan Pendidikan Advent. Dalam hal ini, Gereja memiliki peranan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui peran pemimpin yang Kristiani. Pemimpin yang Kristiani dipastikan akan dapat meningkatkan mutu pendidikan suatu Institusi khususnya yang dikelola oleh Gereja.
Full Text:
PDFReferences
Anon. 2012. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusindo Mandiri.
Anon. 2016. “Apa Peranan Gereja Dalam Pendidikan?” E-MISI. Retrieved (https://misi.sabda.org/apa-peranan-gereja-dalam-pendidikan).
Chadwick, Ronald P. 1982. Teaching and Learning: An Integrated Approach to Christian Education. New Jersey: Fleming H. Revell Company.
Council, Scottish Higher Education Funding. 1997. Quality Assessment. Scotland: Scottish Higher Education Funding Council.
Darmawan, I.Putu Ayub. 2016. “Pendidikan Kristen Di Era Postmodern.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1(1).
Ellen G, White. 2010. Pikiran Karakter Dan Kepribadian. Bandung: Indonesia Publishing House.
Ginting, M. 1999. “Dinamika Organisasi Koperasi.” IPB.
Hanushek, Eric A. 2005. “Why Quality Matters in Education.” IMF.
Pagitt, Doug, and Tony Janes. 2017. Manefesto Lahirnya Harapan. Michigan: Baker Books.
Pohan, I, S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Prawirosentono, S. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ronda, Daniel. 2019. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 3(1):1–8.
Sallis, E. 2008. Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD.
Sembiring, Ewin Johan. 2019. Pastoral Ministry. Medan: Prodi Teologi STT-SU.
Slamet, M. 2002. Teori Dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: ANDI.
Suhardan et al. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulaksana, Uyung. 2002. Intergrated Marketing Commmunications: Teks Dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tambunan, E. .. 1992. Semangat Kepeloporan Dan Catatan Singkat Pekerjaan Pendidikan Di Sumatera Utara. Jakarta: Departeman Pendidikan UIKB.
Tambunan, E. .. 2015. Sejarah Gereja Masehi Advent Hari Ke Tujuh Di Toba. Jakarta: Toba Ministry.
Tambunan, Fernando. 2018. “Karakter Kepemimpinan Kristen Sebagai Jawaban Terhadap Krisis Kepemimpinan Masa Kini.” Illuminate: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1(1):81–104.
White, Ellen. G. 2005. Membina Pendidikan Sejati. Bandung: Indonesia Publishing House.
White, Ellen. G. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan. Bandung: Indonesia Publishing House.
Yuliani, Kris. 2002. Pemimpin Dan Kepemimpinan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.