Implementasi Metode Role-Play Berbasis Kecerdasan Spiritual Kristen di Sekolah Inklusi TK Talenta Semarang
Abstract
This research was conducted in an inclusive school that focused on the Quiet Time class at TK Talenta Semarang. By cultivating Christian spiritual intelligence that is centered on the character of students, as well as laying the foundation of faith as early as possible, through teaching that is based on the Bible and centered on Christ, with a role-play learning method approach. The existence of special children (Children with Special Needs) who have special needs in certain aspects, the author wants to research learning methods, using the role-play method which is centered on developing the abilities of special children in inclusive schools, which involves interaction and communication in a learning process activities, through role-play method learning activities. From the learning process activities of the role-play method based on spiritual intelligence, it is known and found that in the role-play method there are three other correlations of intelligence, namely: linguistic intelligence, movement-kinesthetic intelligence, and musical intelligence whose existence cannot be separated. This research was carried out to develop several intelligence, from Howard Gardner’s theory, including spiritual intelligence, linguistic intelligence, movement-kinesthetic intelligence, and musical intelligence, in children with special needs. The research method used is a qualitative descriptive method, with data analysis techniques from Miles and Huberman such as data collection, data reduction, data presentation, and drawing results from data verification conclusions, in the form of interviews, observations, documentation, and portfolio. The expected result of this research is the development of a curriculum in inclusive schools by the needs of students, which develops the potential of students.
Abstrak
Penelitian ini dilakukan, di sekolah inklusi yang berfokus pada kelas Saat Teduh di TK Talenta Semarang. Dengan adanya penanaman kecerdasan spiritual Kristen yang berpusat pada karakter peserta didik, serta meletakan dasar iman sedini mungkin, melalui pengajaran yang bersumber pada Alkitab dan berpusat pada Kristus, dengan pendekatan metode pembelajaran role-play. Keberadaan anak istimewa (Anak Berkebutuhan Khusus) yang memiliki kebutuhan khusus pada aspek tertentu, maka penulis ingin melakukan sebuah penelitian mengenai metode pembelajaran, dengan menggunakan metode role-play yang berpusat pada pengembangan kemampuan anak istimewa di sekolah inklusi, yang melibatkan adanya interaksi, komunikasi dalam suatu kegiatan proses pembelajaran, melalui kegiatan belajar metode role-play. Dari kegiatan proses belajar metode role-play berbasis kecerdasan spiritual, diketahui dan ditemukan bahwa metode role-play terdapat adanya tiga korelasi kecerdasan lainnya yaitu: kecerdasan linguistik, kecerdasan gerak-kinestetik dan kecerdasan musik yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan beberapa kecerdasan dari teori Howard Gardner yang diantaranya yaitu: kecerdasan spiritual, kecerdasan linguistik, kecerdasan gerak-kinestetik, dan kecerdasan musik, pada anak ABK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman seperti: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan hasil dari kesimpulan/verifikasi data, yang berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan portofolio. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini, adanya pengembangan kurikulum di sekolah inklusi sesuai dengan kebutuhan peserta didik, yang mengembangkan potensi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiana, Reni. “Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2022): 8.
Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesia. Edited by Chatib. 1st ed. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2009.
Delphie, Bandi. Pendidikan Anak Autistik. Edited by Endang Kartika. 1st ed. Klaten: KTSP (PT Intan Sejati Klaten), 2009.
Depdiknas. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Pemendiknas No 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan Bakat Istimewa. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Gardner, Howard. Kecerdasan Majemuk: Konsep Dalam Praktek, Terj. Alexander Sindoro. Batam: Interaksara, 2003.
Isharjono, Antonius. “Menerapkan Pola Pendidikan Rohani Anak Berkebutuhan Khusus ( Attention Deficit or Hyperactivity Disorder )” 2, no. 1 (2019): 43.
Kadir. “PENYELENGGARAAN SEKOLAH INKLUSI DI INDONESIA” 03, no. 1 (2015): 4.
Mabruri, Zuniar Kamaluddin. “PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MELALUI PENERAPAN STRATEGI ROLE PLAYING SD NEGERI PLOSO 1 PACITAN Berbicara Siswa Tercapai Secara Optimal . Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD N” 1, no. 2 (2017): 113.
Madrasah, D I. “PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK ( MULTIPLE INTELLIGENCES )” (1911).
Mahmud. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Permatasari, Triyanto dan Desty Ratna. “Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi” 25, no. 2 (2016): 179.
Pratama Randi, Arif Fatahillah. “Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Pada Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa ( Implementation of Role Playing Learning Methods on Social Arithmetic to Improve Student Learning Outcome and Activity )” 4, no. 2 (2017): 27–28.
Pratiwi, Shinta. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: Semarang University Press, 2011.
Safrudin Aziz. Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Edited by Dharna A. Pertama. Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2015.
Setianingsih Eka Sari. “Implemnetasi Pelaksanaan Pendidikaan Inklusi Di SD Bina Harapan Semarang.” Jurnal Taman Cendekia vol3 (2019): 257.
Setiawan, Adib Rifqi. “Kecerdasan Majemuk Berdasarkan Neurosains Multiple Intelligences Based on Neuroscience,” no. April 2020 (2020): 1–8.
Setiawati, Linda, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Pendidikan Indonesia. “IMPLEMENTASI ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN” (1999): 318–332.
Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. Dasar Metode Penelitian 3. 2015. Vol. 7, 2557.
Smith. Inklusi: Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Nuansa, 2006.
Smith, A Mengenal J David. “David” 13 (2006): 1–9.
Smith, J. David. “Konsep Dan Penerapan Pembelajaran Sekolah Inklusi” (2009): 28.
Sofiah. Pelaksanaan Pendidikan Inklusi, Tesis Pendidikan Khusus. Bandung: Pasca Sarjana UPI, 2006.
Sri Kadarwati, Budiharto. “Mengembangkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Pendidikan Kreatif” 2, no. 1 (2017): 51.
Suarca, Kadek. “Kecerdasan Majemuk Pada Anak” 7, no. 2 (2005): 89.
Tarmansyah. Inklusi ( Pendidikan Untuk Semua). Jakarta: Depdiknas, 2007.
Yuningsih, Restu. “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang” 9, no. 2 (2015): 235.
Yusnarti, Mulya, and Lili Sutyaningsih. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar” 2 (2021): 253–261.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v5i1.243
DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v5i1.243.g221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).