Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar: Kajian Teologis, Efektivitas dan Tantangan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
(1) SMP Negeri 18 Kota Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
This research was carried out with the aim of analyzing theological studies regarding the challenges of PAK and Budi Pekerti teachers in the effectiveness of implementing the independent learning curriculum. So the method used in this research is a descriptive quantitative approach to effectiveness. The research subjects were Christian students registered at Surakarta City Public Middle Schools, totaling 872 students. The results of data analysis showed that 29.9% stated that moral cultivation would be effective if taught by spiritual mentors in the Church. Meanwhile, 67.4% stated that teachers at school were very effective when instilling morals in their students. In implementing the Merdeka Curriculum, there are challenges for Religious Education and Character Teachers, namely the implementation of general education and the cultivation of character based on the six key dimensions of the Pancasila Student Profile competencies.
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis survei efektivitas pelaksanaan kurikulum merdeka dan merdeka belajar dalam perspektif kajian teologi terhadap tantangan guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa Kristen yang terdaftar di SMP Negeri se-Kota Surakarta yang berjumlah 872 siswa. Hasil analisa data menunjukkan 29,9% menyatakan bahwa penanaman moral akan efektif jika diajarkan oleh pembina rohani di Gereja. Sedangkan 67,4% menyatakan guru di sekolah sangat efektif apabila menanamkan moral kepada peserta didiknya. Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar terdapat tantangan bagi Guru PAK dan Budi Pekerti yakni terjadinya general education dan penanaman budi pekerti mengacu pada keenam kompetensi dimensi kunci Profil Pelajar Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016.
Daga, Agustinus Tanggu. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Educatio, Volume 7, No. 3, 2021, P-ISSN 2459-9522, E-ISSN 2548-6756, pp. 1075-1090.
Faiz, Aiman,; Purwati, Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, https://edukatif.org/index.php/edukatif/index, ISSN: 2656-8063, e-ISSN: 2656-8071, Volume 3, Nomor 3, 2021, hlm. 649 – 655.
Henry, Matthew. and Scott, Thomas. Matthew Henry’s Concise Commentary. Oak Harbor, WA: Logos Research Systems, 1997.
Holmes, Michael W. The Greek New Testament: SBL Edition, Lexham Press; Society of Biblical Literature, 2011–2013.
Jamieson, Robert., Fausset, A. R., and Brown, David Commentary Critical and Explanatory on the Whole Bible, vol. 2, Oak Harbor, WA: Logos Research Systems, Inc., 1997.
Manik, Hanter. dkk. Tantangan Menjadi Guru Matematika Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Universitas HKBP Nommensen, Edumaspul - Jurnal Pendidikan ISSN 2548-8201 (cetak); ISSN 2580-0469 (online), Volume 6, Nomor 1, 2022), hlm. 328-332.
Minati, Sri. Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2017.
Mukhibat, Spitualisasi dan Konfigurasi Pendidikan Karakter Berparadigma Kebangsaan dalam Kurikulum 2013., Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo. Al-Ulum, Volume 14 Nomer 1 Juni 2014.
Prayitno, Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2009.
Rifai, Refleksi Teologis Terhadap Tingkat Stress Guru Selama Pandemi Covid 19. Sekolah Tinggi Teologi “Intheos” Surakarta, Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, ISSN2541-3937, Bulan April, Volume 5, Nomor 2, 2021, hlm. 195-480.
Rachmawati, Nugraheni. dkk., Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar, JURNAL BASICEDU, Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022, ISSN 2580-3735 (Media Cetak), p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2016.
Siswanto, S. Perspektif Amin Abdullah tentang Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Islam. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, Volume 3, Nomor 2, 2015, https://doi.org/10.15642/teosofi.2013.3.2.376-40.
Suryaman, Maman. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, E-ISBN : 978-602-5830-27-3, 2020.
Setyowati, Erna. Pendidikan Budi Pekerti menjadi Mata Pelajaran di Sekolah., Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, Lembaran Ilmu Kependidikan, Jilid 39, No. 2., Desember 2009.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v5i2.327
DOI (PDF): https://doi.org/10.46305/im.v5i2.327.g240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).