Kajian Teologis Tentang Tantangan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Dalam Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar

Arianto Mendrofa

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kajian teologis tentang tantangan guru PAK dan Budi Pekerti dalam efektivitas pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.  Sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif deskriptif efektivitas. Dekripsi efektivitas digunakan oleh subyek penelitian dalam melakukan tindakan yang tepat pada sasaran yang dituju. Subyek penelitian adalah siswa Kristen yang terdaftar di SMP Negeri Se - Kota Surakarta yang berjumlah 872 siswa yang digunakan sebagai sampel. Hasil analisa data menunjukkan 29,9% menyatakan bahwa penanaman moral akan efektif jika diajarkan oleh Pembina rohani di Gereja. Sedangkan 67,4% menyatakan guru di sekolah sangat efektif apabila menanamkan moral kepada peserta didiknya. Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka terdapat tantangan bagi Guru PAK dan Budi Pekerti yakni terjadinya general education dan penanaman budi pekerti mengacu pada keenam kompetensi dimensi kunci Profil Pelajar Pancasila.


Keywords


Kajian Teologis, PAK dan Budi Pekerti, Efektivitas, Kurikulum Merdeka Belajar

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016.

Daga, Agustinus Tanggu. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Educatio, Volume 7, No. 3, 2021, P-ISSN 2459-9522, E-ISSN 2548-6756, pp. 1075-1090

Faiz, Aiman,; Purwati, Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, https://edukatif.org/index.php/edukatif/index, ISSN: 2656-8063, e-ISSN: 2656-8071, Volume 3, Nomor 3, 2021, hlm. 649 – 655.

Henry, Matthew. and Scott, Thomas. Matthew Henry’s Concise Commentary. Oak Harbor, WA: Logos Research Systems, 1997.

Holmes, Michael W. The Greek New Testament: SBL Edition, Lexham Press; Society of Biblical Literature, 2011–2013.

Jamieson, Robert., Fausset, A. R., and Brown, David Commentary Critical and Explanatory on the Whole Bible, vol. 2, Oak Harbor, WA: Logos Research Systems, Inc., 1997.

Manik, Hanter. dkk. Tantangan Menjadi Guru Matematika Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Universitas HKBP Nommensen, Edumaspul - Jurnal Pendidikan ISSN 2548-8201 (cetak); ISSN 2580-0469 (online), Volume 6, Nomor 1, 2022), hlm. 328-332.

Minati, Sri. Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2017.

Mukhibat, Spitualisasi dan Konfigurasi Pendidikan Karakter Berparadigma Kebangsaan dalam Kurikulum 2013., Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo. Al-Ulum, Volume 14 Nomer 1 Juni 2014

Prayitno, Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2009

Rifai, Refleksi Teologis Terhadap Tingkat Stress Guru Selama Pandemi Covid 19. Sekolah Tinggi Teologi “Intheos” Surakarta, Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, ISSN2541-3937, Bulan April, Volume 5, Nomor 2, 2021, hlm. 195-480

Rachmawati, Nugraheni. dkk., Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar, JURNAL BASICEDU, Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022, ISSN 2580-3735 (Media Cetak), p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2016.

Siswanto, S. Perspektif Amin Abdullah tentang Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Islam. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, Volume 3, Nomor 2, 2015, https://doi.org/10.15642/teosofi.2013.3.2.376-40

Suryaman, Maman. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, E-ISBN : 978-602-5830-27-3, 2020.

Setyowati, Erna. Pendidikan Budi Pekerti menjadi Mata Pelajaran di Sekolah., Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, Lembaran Ilmu Kependidikan, Jilid 39, No. 2., Desember 2009




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v5i2.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).