Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru di Lembaga Pendidikan Masa Kini

Elyes Sasep Kaudin, Firman Panjaitan

Abstract


Transformational leadership systems in educational institutions are needed to optimize teacher performance so that the education system can be developed. Through proper transformational leadership, every member of the education system will grow and develop in line with expectations. Therefore, every educational institution needs a strong transformational leadership model in order to optimize the performance of teachers and create good educational outcomes through the achievements of teachers and learners. By using descriptive qualitative methods, especially through the approach of open and in-depth interviews (deep interview), this study resulted in the finding that the pace of education in schools, as educational institutions, can not be separated with a strong transformational leadership system, because through a strong and appropriate transformational leadership, optimization of teacher performance can be achieved and student achievement will increase. Optimization of teacher performance along with increased student achievement, will create a school atmosphere as a very conducive place to develop themselves, both in terms of work and achievement.

 

Abstrak

Tujuan dari studi ini adalah menunjukkan peran dari sistem kepemimpinan transformasional di lembaga pendidikan untuk mengoptimalkan kinerja guru di sebuah lembaga pendidikan. Melalui kepemimpinan transformasional yang tepat, setiap anggota yang ada dalam aras sistem pendidikan akan bertumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan membutuhkan model kepemimpinan transformasional yang kuat agar dapat kinerja para guru dapat optimal dan menciptakan hasil pendidikan yang baik melalui prestasi dari para guru dan peserta didik. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, khususnya melalui pendekatan wawancara mendalam terbuka dan mendalam (deep interview), penelitian ini menghasilkan temuan bahwa laju pendidikan di sekolah, sebagai lembaga Pendidikan, tidak dapat dipisahkan dengan sistem kepemimpinan transformasional yang kuat, karena melalui kepemimpinan transformasional yang kuat dan tepat, optimalisasi kinerja guru dapat tercapai dan prestasi siswa pun akan semakin meningkat. Optimalisasi kinerja guru yang seiring sejalan dengan prestasi siswa yang meningkat, akan menciptakan suasana sekolah sebagai tempat yang sangat kondusif untuk mengembangkan diri, baik dalam hal bekerja maupun mencapai prestasi.


Keywords


School, Teacher, Teacher Performance Optimization, Transformational Leadership

References


Agung Gilang Pratama Putra. “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bogor.” Journal Of Pharmaceutical and Sciences 1, no. 1 (2019): 39–40.

Alkitab. Jakarta: LAI, 2013.

Barat, Yayasan Pendidikan Transformasi Kutai. Tarian Dayak Modern FLS2N SD Tingkat Kabupaten SD Transformasi: Pantomim FLS2N SD Tingkat Kabupaten, 2024.

Belay, Yosep, Yanto Paulus Hermanto, and Rivosa Rivosa. “Spiritualitas Alkitabiah Sebagai Hakikat Kepemimpinan Kristen Masa Kini.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 4, no. 2 (2021): 183–205. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.204.

Carti, Carti, Wresni Pujiyati, and Aan Juhana Senjaya. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Gugus Rambutan Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.” Edum Journal 6, no. 1 (2023): 80–92. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.140.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Dan, Alifa Nabila Fathurrohman. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru” 6 (2022): 9544.

Imah, Milla Tunna, and Budi Purwoko. “Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Neuro Linguistic Programming (NLP) Dalam Lingkup Pendidikan.” State University of Surabaya, 2018.

Kubar, Humaspolres. “Polisi Sahabat Anak, Sat Lantas Polres Kubar Terima Kunjungan Siswa Siswi Sekolah Kristen Transformasi Dalam Kegiatan Field Trip.” Polreskutaibaratnews.Com, 2023.

LSPR. “Kepemimpinan: Teori, Tujuan Dan Fungsi Menjadi Pemimpin.” London School of Public Relation, 2023. https://www.lspr.ac.id/tujuan-fungsi-kepemimpinan/.

Mahatika, Anis, and Suswati Hendriani. “Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 7, no. 1 (2022): 1–8.

Maxwell, John C. The 17 Indisputable Laws of Teamwork Workbook: Embrace Them and Empower Your Team. HarperCollins Leadership, 2001.

———. The 21 Indispensable Qualities of a Leader. Business Book Summaries. MIC Publishing, 2012. http://content.ebscohost.com/pdf27_28/pdf/2012/BA3B/23Jan12/70708319.pdf?T=P&P=AN&K=70708319&S=R&D=qbh&EbscoContent=dGJyMNHr7ESeqLQ4v+vlOLCmr0qeprBSrq24S7WWxWXS&ContentCustomer=dGJyMOzpr1Cvpq5KuePfgeyx44Dt6fIA%5Cnhttp://search.ebscohost.com/login.aspx?dir.

Panjaitan, Firman. “Kepemimpinan Yesus Kristus Sebagai Model Dasar Kepemimpinan Kristen Berdasarkan Matius 20:20-28.” KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.34307/kinaa.v1i2.14.

———. “Tinjauan Naratif Kepemimpinan Yusuf Dalam Perspektif Climber Leader.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 3, no. 1 (2022): 46–60. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.94.

Purnamasari, Mentari. “Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 5, no. 4 (2017): 175–89. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4480.

Purwanto, Agus, Masduki Asbari, Rudy Pramono, Pierre Senjaya, Agus Hari Hadi, and Yulia Andriyani. “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Dengan Keterlibatan Kerja Dan Budaya Organisasi Sebagai Mediator.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (2020): 50–63.

Rohmat. “Relasi Kepemimpinan Dan Kultur Sekolah.” Jurnal Kependidikan Insania 21 (2016): 1–22. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2546/.

Romadhon, Muhamad, and Zulela MS. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.711.

Sinaga, Rotua Setiani, Helena Turnip, Rumiris Pardede, and Tesa Lonika Hutagalung. “Peranan Dan Fungsi Kepemimpinan Dalam Pendidikan Yang Efektif Dan Unggul.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 1, no. 4 (2022): 154–63.

Sofiah Sinaga, Nur’Aida, Delpi Aprilinda, and Alim Putra Budiman. “Konsep Kepemimpinan Transformasional.” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 1, no. 7 (2021): 840–46. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i7.123.

Tatilu, Frits Octavianus, and Ana Susanti. “Metode Mentoring Paulus Dalam Pelayanan Pemuridan Menurut 2 Timotius 2: 1-13.” TEMISIEN: Jurnal Teologi, Misi, Dan Entrepreneurship 2, no. 1 (2022): 228–45.

Urip Triyono. Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan (Formal, Non Formal, Dan Informal). CV Budi Utama, 2019.

Yanuarlan, Jery, Aty Susanti, and Asep Iwa. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 12 (2023). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2449.




DOI: https://doi.org/10.46305/im.v5i2.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Immanuel indexed by:

Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).