Transformasi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan: Peluang dan Tantangan Masa Depan
Abstract
Artificial intelligence (AI)-based learning evaluation is one of the most significant innovations in the transformation of higher education. It has the potential to make assessment more adaptive, rapid, transparent, and personalized, supporting reflective and learner-centered learning. This research aims to examine the transformation of learning evaluation through AI, as well as identify opportunities and challenges that arise in the future. Using a literature review approach and thematic analysis of the last five years of scholarly literature, this research found that AI can facilitate real-time feedback, map learning achievement patterns, and reduce educators' administrative burden. However, challenges such as potential algorithm bias, data security issues, digital literacy gaps, and the risk of marginalizing human values must be anticipated through appropriate policies and multi-actor collaboration. The contribution of this research provides insights for the development of learning evaluations that are not only technology-based but also emphasize the importance of ethics, justice, and humanity in education in the future.
Abstrak
Evaluasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) menjadi salah satu inovasi penting dalam transformasi pendidikan tinggi. Teknologi ini berpotensi menghadirkan penilaian yang lebih adaptif, cepat, transparan, dan personal, sehingga mendukung proses belajar yang reflektif dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengkaji transformasi evaluasi pembelajaran melalui AI, sekaligus mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul di masa depan. Dengan pendekatan studi pustaka dan analisis tematik terhadap literatur ilmiah lima tahun terakhir, penelitian ini menemukan bahwa AI mampu mempermudah umpan balik real-time, memetakan pola capaian belajar, dan mengurangi beban administratif pendidik. Namun demikian, sejumlah tantangan seperti potensi bias algoritma, isu keamanan data, kesenjangan literasi digital, serta risiko terpinggirkannya nilai-nilai kemanusiaan perlu diantisipasi dengan kebijakan yang tepat dan kolaborasi multiaktor. Kontribusi penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan evaluasi pembelajaran yang tidak hanya berbasis teknologi, tetapi juga menegaskan pentingnya etika, keadilan, dan keberpihakan pada kemanusiaan dalam pendidikan di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2021). Systematic Approaches to a Successful Literature Review (3rd ed.). SAGE Publishing.
Chen, X., Xie, H., Zou, D., & Hwang, G. (2023). Application of Artificial Intelligence in Education: A Review and Outlook. Computers & Education: Artificial Intelligence, 4.
Daly, B. J., Nock, N., Margevicius, S., & Meropol, N. J. (2018). Importance of incorporating measures of attitude in planning and evaluating nursing education. Journal of Nursing Education and Practice, 9(4), 1. https://doi.org/10.5430/jnep.v9n4p1
Fitriyani, F., Susanti, S., & Mariani, N. (2023). Etika dan Implementasi Artificial Intelligence dalam Pendidikan Tinggi Indonesia. Teknologi Pendidikan Indonesia, 1.
Handayani, R., Nurhayati, & Firmansyah, D. (2023). Literasi Digital Mahasiswa dan Dosen dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis AI. Pendidikan Indonesia, 3.
Handayani, R. (2023). Transformasi evaluasi pembelajaran di era kecerdasan buatae. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia,.
Haryanto, J. T., & Rahardjo, S. B. (2021). Perlindungan Data Mahasiswa dalam Era Digitalisasi Pendidikan Tinggi. Hukum & Teknologi, 1.
Hidayat, D., Arifin, Z., & Mardiyah, D. (2023). Analisis literatur evaluasi pembelajaran berbasis teknologi di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan Indon, 2, 155.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2021). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Center for Curriculum Redesign.
Indrawati, R. (2023). Kecerdasan buatan dalam transformasi pendidikan di era digita. Pendidikan Dan Teknolog, 4, 45.
Luckin, R. (2022). Towards Artificial Intelligence-based Assessment Systems. British Journal of Educational Technology, 4.
Lund, H., Juhl, C. B., Nørgaard, B., Draborg, E., Henriksen, M., Andreasen, J., Christensen, R., Nasser, M., Ciliska, D., Clarke, M., Tugwell, P., Martin, J., Blaine, C., Brunnhuber, K., & Robinson, K. A. (2021). Evidence-Based Research Series-Paper 2 : Using an Evidence-Based Research approach before a new study is conducted to ensure value. Journal of Clinical Epidemiology, 129, 158–166. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2020.07.019
Maulidina, D., & Astuti, P. (2022). Perlindungan Data Mahasiswa dalam Era Transformasi Digital Kampus. Kebijakan Pendidikan, 2.
Mou, C., & Xu, Y. (2022). Artificial intelligence in assessment: Potentials and limitations. British Journal of Educational Technology, 53(2),.
Nugroho, D. (2021). Revolusi pembelajaran di era kecerdasan buatan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nurjanah, S., & Suharyadi, S. (2022). Implementasi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi digital dalam kurikulum merdeka belajar. Pendidikan Edutam, 22, 55.
Oktavia, A., & Purwanto, A. (2022). Otomatisasi evaluasi pembelajaran berbasis AI: Peluang dan tantangan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2, 66.
Prasetyo, Z. K., & Haryono, A. (2022). Pendidikan berbasis AI di Indonesia: Analisis kesiapan dosen dan guru. Jurnal Pendidikan Indonesi, 1.
Pratama, A., & Santosa, P. . (2022). Artificial intelligence for educational assessment: Peluang dan tantangan penerapan di Indonesia. Pendidikan Indonesia, 2.
Pratama, B. A., & Dewantara, D. S. (. (2023). Sinergi Kebijakan Transformasi Digital dalam Pendidikan Indonesia. Pendidikan Nasional.
Rahmawati, L. (2022). Kolaborasi dan refleksi dalam evaluasi teknolog. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3.
Santoso, S., & Daryanto, H. (2023). Keadilan dan etika dalam evaluasi berbasis kecerdasan buatan di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Humaniora,.
Sari, D. P., Widodo, H., & Putra, A. F. (2022). Peluang dan Tantangan Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Teknologi Pendidikan, 2.
Siregar, A., & Murni, S. (2022). Analisis Kesenjangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Teknologi Pendidikan Nusantara,.
Suharyadi, S., & Wahyuni, E. (2023). Transformasi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Merdeka Belajar. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh,.
Susanto, A. (2020). Filsafat Pendidikan Humanistik. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Utami, W. (2022). Kecerdasan Buatan dalam Asesmen Pendidikan: Antara Efisiensi dan Nilai Kemanusiaan. Inovasi Pendidikan, 2.
Wahyuni, S. (2023a). Literasi Digital Pendidik dan Tantangannya di Era Transformasi Digita. Teknologi Pendidikan, 2, 15.
Wahyuni, S. (2023b). Literasi Digital Pendidik dan Tantangannya di Era Transformasi Digital. Teknologi Pendidikan,.
Williamson, B., & Piattoeva, N. (2023a). Education governance and data infrastructures in the era of. Learning, Media and Technology, 1.
Williamson, B., & Piattoeva, N. (2023b). Education governance and data infrastructures in the era of AI: Ethical challenges and policy responses. European Educational Research Journal, 2.
Zamroni, M. (2021). Pengembangan evaluasi pembelajaran adaptif berbasis teknologi di masa pandem. Novasi Pendidika, 3, 155.
Zawacki-Richter, O., Marín, V.I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education. Of Educational Technology in Higher Education, 1.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i1.340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).