Membangun Minat Belajar PAK di Rumah: Peran Strategis Orangtua sebagai Role Model Iman
Abstract
The problem in this research is the low interest in children's learning in Christian religious education of Grade 5 students at Talenta Elementary School which is caused by the students' parents not showing role models and involving children at home in carrying out activities which are the application of the values and principles of Christian religious education which have an impact on children's interest in learning in Christian religious lessons. This research uses a qualitative descriptive method with a case study method. Data was collected through direct observation and interviews with all 20 grade 5 students at Talenta Elementary School, 10 students' parents, and 2 teachers. The aim of this research is to reveal the role of parents of Grade 5 SD Talenta students at home in developing children's emotional and spiritual aspects, and to offer supporting activities for parents in increasing students' interest in learning in Christian religious education lessons. The results of the research reveal that the role of parents in increasing interest in learning Christian religious education must be to play the role as a guide, educator, facilitator, motivator and role model optimally, which can be done in the activities of reading God's word and praising God with children at home, carrying out activities with children at home (for example, activities related to discipline and homework), and story-telling rooms (spaces where children are given to talk about their daily life experiences), as well as collaborating with parents and PAK teachers in carrying out activities to increase students' interest in learning in Christian religious education.
Abstrak
Persoalan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar anak pada pendidikan agama Kristen peserta didik kelas 5 SD Talenta yang disebabkan orang tua peserta didik cenderung tidak menunjukkan keteladanan atau role model dan melibatkan anak di rumah dalam melakukan kegiatan yang merupakan penerapan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan agama Kristen yang berdampak pada minat belajar anak pada pelajaran agama Kristen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung terhadap seluruh peserta didik kelas 5 SD Talenta berjumlah 20 orang, orang tua peserta didik 10 orang, dan 2 orang guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan peran orang tua siswa kelas 5 SD Talenta di rumah dalam mengembangkan aspek emosional dan spiritual anak, dan menawarkan kegiatan pendukung bagi orang tua dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pelajaran pendidikan agama Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan agama Kristen harus melakukan peran sebagai pembimbing, pendidik, fasilitator, motivator, dan role model dengan optimal yang bisa dilakukan dalam kegiatan membaca firman Tuhan dan memuji Tuhan Bersama anak di rumah, melakukan kegiatan bersama anak di rumah (misal kegiatan berkenaan kedisiplinan dan pekerjaan rumah), dan ruang bercerita (ruang dimana anak diberi kebebasan untuk ceritan pengalaman hidupnya sehari-hari), serta melakukan kolaborasi orang tua dengan guru PAK dalam melakukan kegiatan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan agama Kristen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad Nood Fatirul. Teori Belajar Dan Konsep Mengajar. surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2018.
Al., Wardha Nilawati et. “Meningkatkan Dorongan Motivasi Ekstrinsik Dan Literasi Keuangan Demi Kemajuan Kualitas Sumber Daya Manusia Di SD Negeri 7 Ketapang - Banyuwangi.” Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti 3, no. 2 (2022): 129–139.
Alifia Nurrahmawati, dkk. Menjadi Guru Profesional Dan Inovatif Dalam Menghadapi Pandemi. Yogyakarta: UAD Press, 2021.
Asriyah, Putri Wardatul, Budi M. Taftazani, and Meilanny Budiarti S. “Peranan Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Sebagai Pemirsa Televisi Dirumah.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3, no. 2 (2016): 155–291.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. “KBBI Kata Pembimbing.” Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. Last modified 2016. Accessed May 11, 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nul.
Bronfenbrenner, Urie. “Ecology of the Family as a Context for Human Development: Research Perspectives.” Developmental Psychology 22, no. 6 (1986): 723–742.
Dkk, Irene Hendrika Ramopoly. Buku Ajar Psikologi Pendidikan. Jambi: PT. Sonpedia Publising Indonesia, 2024.
Ernida Marbun, Elisabeth Sitepu. Pola Asuh Yudaisme Dan Kerohanian Anak. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2022.
H. Hamzah B. Uno. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.
J.H. Kelelufna. “Tidak Patut Mendidik Menurut Jalan Yang Patut: Studi Eksegesis Amsal 22:6.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 1 (2020): 18–36.
Jesika Mantiri, Joubert M. Dame, Devyano Ranti. “Pengaruh Motivasi Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Eris.” Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 2, no. 1 (2021): 46–60.
Julmiati Samoiri, Sandra Rosiana. “Kreativitas Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak.” Jutipa: Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama 1, no. 1 (2023): 81–88.
Junihot M. Simanjuntak. Desain Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2023.
Kemendikbud, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “KBBI Kata Peran.” Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. Last modified 2016. Accessed May 11, 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/Entri/Peran.
Kusmarni, Yani. “Studi Kasus.” UGM Jurnal Edu UGM Press 2 (2012): 1–12.
Lita, Sulistyarini, and Supriadi. “Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Untuk Berprestasi Di Madrasah Aliyah Gerpemi Kecamatan Tebas.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 3, no. 8 (2014): 1–11.
Maryati, Ni Made Sudaryani dan Siti. Menjadi Orang Tua Cerdas Dan Bijak Di Era Digital. Bekasi: Mikro Media Teknologi, 2023.
Matondang, Asnawati. “Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar.” Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2, no. 2 (2018): 24–32.
Mudjia Rahardjo. “Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif.” UIN Maulana Ibrahim Malang. Last modified 2010. Accessed February 23, 2025. https://uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html.
Mukti, Guntur Hari, Victor Deak, Shania Chukwu, and Sayang Tarigan. “Peran Dan Fungsi Orang Tua Kristen Dalam Pembentukan Iman Anak.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3, no. 6 (2022): 134–139.
Nasrah, Nasrah, Dhevy Puswiartika, Mahfud Mahfud, and Bau Ratu. “Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Teknik Role Playing Dalam Mengembangkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Umpanga Kabupaten Morowali.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 14, no. 1 (2024): 89–97.
Ni Komang Sutriyanti. Mengasah Budi Di Rumah Sendiri Orang Tua Adalah Juru Kunci Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti. Bali: Nilacakra, 2023.
Nurhasanah, Siti, and Ahmad Sobandi. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 1, no. 1 (2016): 128.
Presiden RI, DPRRI. UU Sistem Pendidikan Nasional No.20. Indonesia: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, 2023.
Putri Wardatul Asriyah, Budi M. Taftazani & dan Meilany Budiarti S. “Peranan Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Sebagai Pemirsa Televisi Di Rumah.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (2016): 155–291.
Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” In Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”, 289–302. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2021.
Ritonga, Nova. “Peran Orangtua Sebagai Pendidik Spiritual Anak Berdasarkan Ulangan 6:4-9 Di Era Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Teologis Dan Pedagogis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja 6, no. 2 (2023): 100–122.
Rizkiyana, Fani, and Safrul Kodri. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Di Sekolah Dasar.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2, no. 3 (2023): 177–185.
Ronal G Sirait. “Sayang Anak...Sayang Anak.” Yogyakarta: PT Kanisius, 2016.
Sahartian, Santy. “Pengaruh Pembinaan Rohani Keluarga Terhadap Karakter Pemuda Berdasarkan Kolose 2: 6-10 Di GBAP Surakarta.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 20–39.
Sari, Diana. “Peran Orangtuan Dalam Memotivasi Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, no. November (2017): 1–43.
Siburian, Hendro Hariyanto, and Seliyah Seliyah. “Upaya Membangun Kedisiplinan Belajar Peserta Didik.” Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 4, no. 2 (2023): 393–408.
Silitonga, Jekoi. Parenting Leadership: Mengembangkan Kepemimpinan Dalam Gereja Sebagai Orangtua Rohani Bagi Jemaat. Yogyakarta: ANDI, 2017.
Tobing, Lasmaria Lumban. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Kristen Dengan Perilaku Anak Di Sekolah.” Ginosko: Jurnal Teologi Praktika 1, no. 1 (2019): 1–13.
Ulfiah dan Jamaluddin. Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Kencana, 2022.
Widodo. Kolaborasi Pemerintahan, Swasta Dan Warga Sipil Dalam Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan DAS. Makassar: PT. Nas Media Pustaka, 2023.
Zai, Erwin, Yanuar Ada Zega, and Nikarni Zai. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Melalui Family Education.” Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 125–137.
Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga: Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” Luxnos 7, no. 1 (2021): 105–116.
DOI: https://doi.org/10.46305/im.v6i1.342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Immanuel indexed by:
Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Published: Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
Website Institusi: stt-su.ac.id
Address: Jl. Sembada No. 32, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20131
ISSN: 2721-432X (online), 2721-6020 (print).